URL: www.pejuangislam.com
Email: editor@pejuangislam.com
 
Halaman Depan >>
 
 
Pengasuh Ribath Almurtadla Al-islami
Ustadz H. Luthfi Bashori
 Lihat Biografi
 Profil Pejuang Kaya Ide
 Imam Abad 21
 Info Asshofwah
Karya Tulis Pejuang


 
Ribath Almurtadla
Al-islami
 Pengasuh Ribath
 Amunisi Dari Tumapel
 Aktifitas Pengasuh
 Perjuangan Pengasuh
 Kalender Ribath
Pesantren Ilmu al-Quran (PIQ)
 Sekilas Profil
 Program Pendidikan
 Pelayanan Masyarakat
 Struktur Organisasi
 Pengasuh PIQ
 
Navigasi Web
Karya Tulis Santri
MP3 Ceramah
Bingkai Aktifitas
Galeri Sastra
Curhat Pengunjung
Media Global
Link Website
TV ONLINE
Kontak Kami
 
 
 Arsip Teriakan Pejuang
 
KEJARLAH ILMU AGAMA SETINGGI LANGIT 
  Penulis: Pejuang Islam  [18/1/2024]
   
SHALAT SUNNAH & BACA ALQURAN DI RUMAH 
  Penulis: Pejuang Islam  [16/1/2024]
   
HADIAH TERBAIK ADALAH NASEHAT 
  Penulis: Pejuang Islam  [11/1/2024]
   
PARA PENYAMPAI HADITS NABI 
  Penulis: Pejuang Islam  [8/1/2024]
   
PENASIHAT ITU DIPERCAYA 
  Penulis: Pejuang Islam  [31/12/2023]
   
 
 Book Collection
 (Klik: Karya Tulis Pejuang)
Pengarang: H. Luthfi B dan Sy. Almaliki
Musuh Besar Umat Islam
Konsep NU dan Krisis Penegakan Syariat
Dialog Tokoh-tokoh Islam
Carut Marut Wajah Kota Santri
Tanggapan Ilmiah Liberalisme
Islam vs Syiah
Paham-paham Yang Harus Diluruskan
Doa Bersama, Bahayakah?
 
 WEB STATISTIK
 
Hari ini: Kamis, 28 Maret 2024
Pukul:  
Online Sekarang: 3 users
Total Hari Ini: 64 users
Total Pengunjung: 5860277 users
 
 
Untitled Document
 PEJUANG ISLAM - KARYA ILMIAH USTADZ LUTHFI BASHORI
 
 
NILAI SEBATANG ROKOK 
Penulis: Pejuang Islam [ 15/9/2016 ]
 
NILAI SEBATANG ROKOK

Luthfi Bashori

Berbicara tentang rokok, rasanya tak akan ada habis-habisnya, seperti juga lancarnya peredaran rokok yang tampaknya tidak akan pernah surut dari masa ke masa. Baik itu di kalangan masyarakat sadar hukum, sadar kesehatan, terpelajar, agamis, apalagi di kalangan masyarakat awwam.

Merokok, menjadi tradisi turun temurun di negeri berpenduduk muslim terbesar ini. Sangat ironis memang, namun kenyataan itu tidak dapat dipungkiri oleh siapapun, baik yang pro rokok maupun yang kontra.

Rasanya, di mana ada kerumunan massa, akan susah dicari cela bebas asap rokok yang benar-benar bersih. Kecuali pada tempat-tempat tertentu memang terkadang dapat disetting sebagai ruangan bebas asap rokok atas kesadaran pemilik tempat itu.

Hanya saja begitu ada pecandu rokok yang keluar dari ruang tersebut, maka akan sesegera mungkin berusaha mengganti waktu yang tersita untuk tidak merokok di ruang tadi, maka dengan enaknya si pecandu ini mengepulkan asap rokok lagi di tempat-tempat umum.

Di ruang pribadi seperti kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, bagasi, bahkan di kamar mandi dan WC pun sering kali dijadikan tempat yang enjoy untuk merokok. Asbak dan putung rokok, ibarat pemandangan wajib yang sulit dihindari di rumah-rumah penduduk negeri ini.

Sejatinya, rokok tidak saja merugikan kesehatan bagi pecandunya, namun juga berbahaya bagi orang lain yang menjadi korban alias perokok pasif, yaitu seseorang yang berada di lingkungan berasap rokok sedangkan dirinya bukan penghisap rokok.

Pengakuan jujur yang tertera pada bungkus rokok adalah bukti otentik jika rokok itu sangat merusak kesehatan: MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN JANIN.

Belum lagi dari segi ekonomis, maka merokok adalah sebuah pemborosan bagi pecandunya. Perilaku ini jelas-jelas buruk dan mubadzdzir yang tidak mendidik bagi seorang muslim untuk dapat berlaku bijak. Karena orang yang berbuat mubadzdzir itu konon termasuk kawan-kawannya setan.

Coba dihitung, seorang perokok yang anggap saja sehari merokok 3 batang dengan harga @ Rp. 1000,- ini sama halnya dengan pemborosan 3 x Rp. 1000 = Rp 3000,- jika dikali sebulan maka pengeluarnya Rp. 90.000,- jika dikali setahun akan mengeluarkan Rp 1.080.000 hanya untuk rokok yang tidak bermanfaat itu.

Jika uang pemborosan rokok itu disumbangkan untuk pembangunan tempat-tempat pendidikan Islam, maka dari 100 orang perokok saja sudah dapat menyumbang Rp 108.000.000,- pertahun, padahal para pecandu rokok jumlahnya jutaan orang di kalangan umat Islam.

Andaikata hal ini dapat dilaksanakan, maka betapa potensinya nilai peningkatan pendidikan Islam di negeri ini. Dengan demikian maka kualitas penerus bangsa yang berakhlaq islami nan agamis akan semakin banyak, yang kelak diharapkan dapat mengelola negeri ini dengan baik, sehingga bangsa Indonesia ke depan dapat menjadi negeri yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.

   
 Isikan Komentar Anda
   
Nama 
Email 
Kota 
Pesan/Komentar 
 
 
 
1.
Pengirim: Alfian Dwi  - Kota: SuraDarjo
Tanggal: 17/10/2012
 
saya ingin mengklarifikasi ustad, rata2 perokok 1 hariny habis 1 pak bukan hanya 3 batang, jd semisal harga 1 pak =Rp10.000,- 1 bulan=Rp300.000,- 1tahun=Rp3.600.000,- sungguh ironis sekali . 
[Pejuang Islam Menanggapi]
BISMILLAHIR RAHMANIR RAHIM
Itu perumpamaan yang teringan saja, terima kasih tambahan infonya.

2.
Pengirim: febi  - Kota: Surabaya
Tanggal: 17/10/2012
 
Ass Ustad, mohon maaf sebelumnya memang yang jenengan nukil tsb diatas benar akan tetapi perlu dikaji lagi nggih, bahwasannya negeri kita negeri Agraris yg mana Tembakau dan cengkeh tumbuh subur didalamnya dan merupakan bagian mata pencarian terbesar dr Petani petani muslim muslimah di Indonesia. Lantas jikalau kita hukumi mutlak bahwasannya rokok, tembakau dan cengkeh itu Haram dan jikalau kita tutup pabrik pabrik rokok di indonesia nggih terus bagaimana nasib petani petani muslim tsb dan nasib buruh buruh, karyawan karyawati perusahaan rokok tsb nggih, bahkan ada pesantren dimana penghasilan dg mengambil dan membudidayakan tembakau tsb. Dan masih banyak Kiai Kiai SEPUH di Nusantara jg merokok dan beliau niatkan rokok tsb untuk berzikir dan mengangkat perekonomian para petani tembakau. Wallahu A'lam Bissowab 
[Pejuang Islam Menanggapi]
BISMILLAHIR RAHMANIR RAHIM
Itulah ironisnya, sepertinya hukum di Indonesia ini mudah untuk ditawar, bahkan terhadap hukum Islam pun diperlakukan yang sama.

Rasanya di negeri ini, bukannya umat manusia yang harus tunduk terhadap hukum agama, tapi rasanya hukum agama yang harus menyesuaikan terhadap kondisi manusia Indonesia.

3.
Pengirim: Abul Bashar  - Kota: palangka raya
Tanggal: 17/10/2012
 
Sebenarnya tidak sebaku itu jika di negeri ini dihukumi sebagai ladang tembakau dan cengkeh.

Dari sekian banyak sawah ladang yg ada di Indonesia, ladang tembakau dan cengkeh tidak lebih dari 7% luasnya. Sedangkan sisanya mayoritas adalah sawah dan ladang tebu, kemudian jagung dan kelapa sawit menempati urutan ketiga dan keempat.

Demikian pula halnya dg pabrik rokok, tidak se-ekstrem itu alasanya jika menggunakan buruh pabrik rokok sebagai tameng utk mencoba ber'negoisasi' dg hukum agama mengenai hukum rokok.

Toh di negeri ini pabrik non-tembakau dan cengkeh lebih banyak dan jg tidak kalah produktif dibandingkan pabrik rokok.

Apa yang disampaikan saudara Febi memang ada benarnya jika dikaitkan dg kondisi lapangan. Namun jangan terburu berhenti dalam berpikir, carilah solusi tepat nan bijak agar tidak terkesan melabelkan keharaman dengan label 'halal' dengan menggunakan alasan dan ulasan klasik seperti di atas.

Apa yang menjadi isi wacana dalam artikel ini, sangatlah masuk akal jika dijadikan renungan. Apalagi sudah disisipkan beberapa dasar2 hukum agama, semisal hukum tabdzir itu tadi. 
[Pejuang Islam Menanggapi]
BISMILLAHIR RAHMANIR RAHIM
Mudah-mudahan masih banyak umat Islam yang lebih memikirkan kualitas pendidikan generasi penerus daripada mempertahankan bahaya akibat merokok.

4.
Pengirim: faaza ahmad  - Kota:
Tanggal: 18/10/2012
 
Menurut hemat saya, pesantren dan Kiainya haruslah kreatif, bukannya menjadikan tembakau sebagai kebutuhan dan untuk menolak fakta empirik yang menjadikan rokok adalah haram. masih banyak sektor agro yang bisa digali dan dijadikan potensi, tembakau bukanlah sektor utama pertanian kita. hal tersebut bisa dilihat di kajian MP3EI pemerintah. permasalahan kiai banyak merokok, memang harus diakui itu adalah kebiasaan lama yang memang susah untuk dirubah, tapi bukan berarti kita harus menafikan keharaman rokok. 
[Pejuang Islam Menanggapi]
BISMILLAHIR RAHMANIR RAHIM
Alhamdulillah kami bukan perokok.

5.
Pengirim: febi  - Kota: Surabaya
Tanggal: 19/10/2012
 
Ass Saudaraku semua yg dirohmati Alloh, Kalaulah kita kembalikan lagi ke dalam Fiqih Idealis pun juga tidak ada dalil hadist atsar dan ijma" para ulama Rokok adalah haram cuman adanya di Negeri Saudi yg mengaharamkan Rokok tsb, ya jelas disana tidak ada tumbuhan tembakau ataupun cengkeh..bahkan MUI di Nusantara belum mengeluarkan fartwa rokok ialah haram hanya MUHAMMADIYAH yg sdh mengeluarkannya. Wallahu A'lam bissowab 
[Pejuang Islam Menanggapi]
BISMILLAHIR RAHMANIR RAHIM
Kami bersyukur, Alhamdulillah, para aktifis harian di Markaz Pejuang Islam NU GARIS LURUS adalah aktifis muslim yang lisan dan pikirannya bersih dari pengaruh negatif ROKOK yang sangat membahayakan kesehatan itu. Dalil kami adalah ayat Alquran : walaa tulquu biaidiikum ilat tahlukah (Janganlah kalian menjerumuskan diri kalian ke arah kerusakan). Apakah ada dalil yang mengatakan bahwa rokok itu justru menyehatkan ?

Urusan rokok tidak ada korelasinya dengan NU, Muhammadiyah, MUI, Indonesia maupun Arab Saudi, tapi tinjauan kami adalah apakah rokok itu merusak kesehatan atau tambah menyehatkan pecandunya? Apakah bau mulut orang yang merokok itu harum sehingga dicintai oleh Allah atau berbau tak sedap sehingga dibenci oleh Allah ?

Konon ada Anekdot Manfaat Rokok:
> Rumah tangga para perokok itu umumnya sangat aman dari 'kemalingan'. Hal ini karena para maling tidak berani masuk rumahnya lantaran penghuninya tiap saat tidak pernah tidur akibat batuk-batuk terus.
> Umumnya para perokok itu di masa tuanya tidak akan pikun. Lah bagaimana akan pikun wong belum tua keburu wafat disebabkan penyakit paru-paru akut akibat rokok.

6.
Pengirim: abul bashar  - Kota: palangka raya
Tanggal: 25/10/2012
 
Postingan ini khusus untuk saudara Febi.

Mengutip dr komentar saudara Febi yg terakhir, bahwa tidak ada dalil pengharaman rokok dr ijma' para Ulama. Maka kami bertanya balik untuk saudara Febi, darimanakah kata 'rokok' yg populer kita dengar itu?
Jelas saja tidak ada dalam fiqih idealis ataupun ijma' ulama tentang pengharamanya. Namun sebagai muslim yg cerdas, kami rasa saudara Febi sudah cukup mengerti dr jawaban postingan terakhir oleh admin situs ini, yaitu dalil pengharamannya tidak tertuju langsung pada kalimat 'rokok', namun lebih kepada bahaya dan efek samping dr rokok itu sendiri. Dan itu sudah cukup sebagai dalil pengharaman rokok..! 
[Pejuang Islam Menanggapi]
BISMILLAHIR RAHMANIR RAHIM
Dalam kitab Ulama Salaf dikatakan, bahwa suatu saat Nabi SAW lewat di suatu perkebunan, lantas beliau SAW mengatakan: la takkul hadzihis syajarah (jangan kalian mengkonsumsi SYAJARAH ini). Syajarah artinya tumbuhan. Menurut para ulama tumbuhan yang dimaksud adalah tembakau, sehingga oleh kaum Orientalis Barat mengistilahkannya dg SIGARET alias SYAJARAH alias TUMBUHAN alias TEMBAKAU.

Terlepas dari status riwayat hadits di atas, ternyata sudah ada di kalangan para ulama salaf yang membahas pelarangan mengkonsumsi Sigaret tsb.

7.
Pengirim: Zufar  - Kota: Bekasi
Tanggal: 28/10/2012
 
Assalamu alaikum. Kalau ada orang Islam di zaman modern yang sudah bisa membuktikan kemudhorotan rokok, lalu masih menghalalkan rokok, ini sungguh mengenaskan. Sedangkan orang kafir saja di Eropa dan Amerika telah melarang peredaran rokok secara bebas. Para pemilik pabrik rokok saja tidak ada yang merokok, karena mereka tau bahayanya. Mudah2an ummat Islam semakin cerdas dengan menjauhi segala hal mendatangkan kemudhorotan. Amin. Jazakumullah khairan Pak Kiai. 
[Pejuang Islam Menanggapi]
BISMILLAHIR RAHMANIR RAHIM
Ya Allah bebaskan kami dan keluarga kami dari bahaya rokok.

8.
Pengirim: adionet  - Kota: wonogiri
Tanggal: 31/10/2012
 
untuk saat ini, hanya orang bodoh yg bilang rokok itu tidak haram maaf pak ustad agak kasar nih,...  
[Pejuang Islam Menanggapi]
BISMILLAHIR RAHMANIR RAHIM
Paling tidak hukumnya makruh tahrim, yaitu makruh yang sudah sangat dekat dengan haram. Ibarat makan daging sapi yang sudah mendekati bau busuk/rusak.

9.
Pengirim: feby  - Kota: surabaya
Tanggal: 4/11/2012
 
Ass maaf ustad agak kasar juga untuk saudara audionet..hanya orang yang bodoh aja yang menyamakan hukum haram dan makruh..ngaji fikih dasar dulu nggih..ngapunten wass 
[Pejuang Islam Menanggapi]
BISMILLAHIR RAHMANIR RAHIM
Termasuk imbas dari bahaya merokok.

Arti hukum HARAM sudah banyak dipahami orang. Namun hukum MAKRUH banyak disepelekan orang.

Makruh sendiri menurut bahasa : Assyaiul ladzii karihahus syaari` (sesuatu yang dibenci oleh Allah dan Rasul- Nya).

Jadi tidak mungkin penerjang hukum Makruh itu dicintai oleh Allah dan Rasul-Nya. Karena para penerjang hukum makruh itu dibenci oleh Allah dan Rasul-Nya.

Makruh itu dibagi dua:
1. Makruh Tanziih (yang tidak membahayakan, seperti makan jengkol, makan bawang, bahkan ada kemungkinan bermanfaat seperti banyaknya faedah bawang putih bagi kesehatan).
2. Makruh Tahriim (yang membahayakan), yaitu makruh yang mendekati hukum haram. Maka bagi yang mengambil hukum makruh untuk rokok, jelaslah makruhnya adalah Makruh Tahrim.

Untuk itulah, hampir para ulama kaliber dunia, khususnya para ulama yang bermukim di negara-negara Timur Tengah (OKI), seperti Mesir, Yordan, Yaman, Saudi Arabiyah, Omman, Kuwait dan lainnya, mayoritas mereka MENGHARAMKAN hukum ROKOK.

10.
Pengirim: tepen  - Kota: surabaya
Tanggal: 23/11/2012
 
merokok mati, tidak merokok mati, mending merokok sampai mati... mati karena merokok pasti ada pahalanya karena dengan merokok kita membantu masyarakat khususnya para petani tembakau dan buruh serta karyawan/wati di perusahaan rokok.....  
[Pejuang Islam Menanggapi]
BISMILLAHIR RAHMANIR RAHIM
Mulut berbau busuk akibat merokok adalah mulut yg dibenci oleh Allah dan Rasul-Nya.

Kalau anda berlogika: Membeli dan menghisap rokok anda anggap sebagai ibadah yg berpahala krn membantu para petani tembakau dan karyawati pabrik rikok, apa anda juga mengatakan bahwa membeli miras dan meminumnya itu adalah ibadah yang mendapat pahala juga, krn anda anggap membantu pemilik pabrik miras dan para karyawannya.

Trus, apa berzina dengan pelacur juga anda katakan ibadah yang dapat pahala karena sudah merasa membantu para pelacur untuk mendapatkan uang ma'isyah lewat perzinaan itu ?

Na'udzubillah min dzaalik.

11.
Pengirim: Asep  - Kota: Bogor
Tanggal: 9/2/2013
 
Bagi yg pro rokok atau yg anti kita kaum aswaja kembali dan taslim kepada qoul fuqoha/kitab kuning.walau bukan peroko ana hormati "niat baik"para peroko itu,karena bukan sesuatu perbuatan haram mutlak/nash spt miras, zina,mencuri dll.apalagi bila kita melihat para ulama2 besar aswaja di tanah air pun tidak sedikit yg perokok  
[Pejuang Islam Menanggapi]
BISMILLAHIR RAHMANIR RAHIM
Mudah-mudahan Allah membuka hati para perokok hingga suatu saat dapat meninggalkan kebiasaan buruknya itu karena dapat mengganggu orang lain (perokok pasif).

Ada sesuatu yang halal tapi menjadi sangat buruk jika diamalkan, seperti perbuatan 'NGUPIL DAN MELUDAH DI TEMPAT UMUM'. Arti 'ngupil' adalah mengeluarkan kotoran hidung.

12.
Pengirim: brandal lokajaya  - Kota: ponorogo
Tanggal: 29/5/2013
 
mohon maaf para saudaraku, saya seorang perokok berat, akan tetapi menurut saya merokok tidak di haramkan oleh islam, law alasan dilarang itu bsa menimbulkan penyakit, gula jgha menimbulkan penyakit, mengapa tidak di haramkan,, yang jelas sekarang tergantung dirinya sendiri, dan biarlah Allah SWT yang menilai, krena rokok itu jgha mempunyai banyak keuntungan dibalik banyaknya kemadlorotan,,, 
[Pejuang Islam Menanggapi]
BISMILLAHIR RAHMANIR RAHIM
Pengakuan jujur para produsen pabrik rokok yang tertera pada setiap bungkus rokok: Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin.

Allah akan selalu mengajak manusia ke arah kebaikan dan kebiasaan yang positif. Sedangkan setan akan selelu menarik manusia ke arah keburukan dan kebiasaan yang negatif.

13.
Pengirim: Miftahul Ulum  - Kota: Probolinggo
Tanggal: 15/7/2013
 
�1ƒ9�1†8�1…1�1†8�1ƒ9�1†9 �1…7�1†8�1‡4�1†7�1†9 �1‡2�1„9�1„5�1†9�1„1 �1ƒ9�1†8�1†8�1‡1 �1‡2�1„0�1„9�1†7�1ƒ9�1„2�1‡1
Maaf para ustatidz saya cuman mau membawakan keterangan yg terdapat dalam kitab Al-BAJURI juz 1 hal 343:
dukhon (ROKOK) hukumnya khilaf
1- Haram karna mengandung bahaya, pendapat ini lemah.
2- Mubah ini juga lemah,
3-menurut Qoul Mu'tamat Makruh,
4-WAJIB, kalau tidak merokok akan terjadi bahaya
5-HARAM, kalau belinya memakai uang yg seharusnya buat nafaqohi keluarganya atau yakin akan timbulnya bahaya.
Jadi alangkah baiknya kita jangan mempermasalahkan khilafiyah, apalagi sampai saling vonis Syukron
 
[Pejuang Islam Menanggapi]
BISMILLAHIR RAHMANIR RAHIM
Firman Allah: Walaa tulquu biaydiikum ilat tahlukah (Janganlah kalian jerumuskan diri kalian ke dalam kehancuran).

Tujuh Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Bahaya Rokok

Berita-berita yang muncul tentang bahaya rokok terhadap perokok aktif maupun pasif sudah bukan hal yang baru lagi. Tetapi, menurut sebuah studi baru-baru ini, yang dipublikasikan oleh American Journal of Public Health, statistik bisa menunjukkan betapa seriusnya akibat rokok. Para peneliti menemukan bahwa ada 42.000 perokok pasif yang meninggal setiap tahunnya, dan 900 bayi termasuk di antaranya.

Selain itu, ada 600.000 orang yang
berpotensi meninggal dunia setiap tahunnya, dan akibatnya ada 6,6 miliar USD kerugian diderita akibat berkurangnya produktifitas. Menurut sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh Gallup, para perokok dan non-perokok tampaknya tidak menyadari bahayanya rokok, khususnya bagi perokok pasif.

Untuk mengetahui dengan lebih pasti bahaya rokok tersebut, maka para peneliti tersebut memeriksa penanda toksin dari rokok dalam tubuh, yang disebut cotinine.

Cotinine adalah produk antara yang pasti ada dalam tubuh perokok dan jumlahnya dapat menunjukkan banyaknya nikotin yang dihisap oleh seseorang. Para peneliti tersebut mengukur kadar cotinine tersebut dalam darah orang yang meninggal akibat rokok dan mendapati bahwa tingkat kematian paling tinggi lebih diakibatkan oleh efeknya terhadap paru-paru dibandingkan pada jantung.
Memang akan ada lebih banyak statistik yang bisa kita cari tentang betapa bahaya rokok bagi kesehatan. Maka, agar lebih termotivasi untuk berhenti merokok, Anda perlu tahu tujuh hal berikut ini.

Merokok dapat Mengganggu 'Aktifitas' Anda di Tempat Tidur

Nikotin adalah vasokonstriktor. Artinya, itu dapat memperkecil pembuluh darah arteri Anda. Dengan demikian, jantung Anda akan bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Akibatnya, kendali otak untuk merasakan kenikmatan akan terganggu.

Sebuah penelitan yang dipresentasikan dalam konferensi tahunan American Heart Association, dengan tema Pencegahan dan Epidemiologi Penyakit Kardiovaskular,
mengemukakan bahwa pria yang mengonsumsi rokok lebih dari 20 batang per hari memiliki resiko disfungsi ereksi 60% lebih tinggi dibandingkan pria yang tidak pernah merokok. Bahkan, angka 15% dari pria perokok yang sudah mengalaminya lebih menunjukkan lagi bahaya rokok tersebut.

Merokok Dapat Mengganggu Istirahat Anda

Sebuah penelitian yang muncul dalam jurnal edisi Februari 2008 yang diterbitkan oleh American College of Chest Physicians (ACCP) mengungkapkan bahwa masa tidur nyenyak seorang perokok lebih sedikit daripada non-perokok.

Hal ini mungkin tampaknya tidak termasuk dalam bahaya rokok, tetapi kurangnya tidur yang 'dalam', atau nyenyak, dapat mempersingkat umur seseorang dalam jangka panjang.

Tulang yang Rapuh Kepala bagian pembedahan ortopedi di Carolina Medical Center, Edward N. Hanley Jr, MD, menyelidiki bahaya rokok terhadap tulang. Dia mendapati bahwa 50% perokok akan mengalami nyeri punggung, dibandingkan dengan hanya 20% dari non-perokok.

Selain itu, nikotin juga dapat memperlambat kesembuhan setelah patah tulang dan menghambat fungsi esterogen. Bahaya rokok juga lebih nyata dengan adanya angka 2,3% - 3,3% hilangnya kepadatan tulang wanita yang menghisap 10 pak rokok per tahun.

Telinga Berdenging Lagi-lagi, nikotin-lah biang keroknya. Karena memperlambat sirkulasi darah ke struktur telinga, nikotin dapat menyebabkan Tinnitus atau telinga berdenging.

Yang cukup mengkhawatirkan dari bahaya rokok adalah bahwa perokok memiliki resiko 70% lebih tinggi mengalami kehilangan pendengaran dibandingkan non-perokok.

Interaksi dengan Obat Rokok dan pil KB adalah paduan sempurna yang dapat menyebabkan kematian. Jika
dikonsumsi oleh seorang perokok, kontrasepsi oral dapat menyebabkan meningkatnya resiko penyumbatan pembuluh darah, serangan jantung, dan stroke.

Seorang wanita yang menghisap lebih dari 15 batang rokok per hari perlu ekstra hati-hati terhadap bahaya rokok yang satu ini. Resiko ini lebih tinggi lagi pada wanita berumur 35 tahun ke atas yang adalah perokok berat.

Resiko Psoriasis Mengonsumsi rokok setiap hari ternyata dapat menimbulkan resiko psoriasis. Resiko ini lebih tinggi lagi jika si perokok mengonsumsi lebih dari 20 batang per hari.

Sulit berhemat, rata-rata, seorang perokok bisa menghabiskan Rp. 300-500 ribu setiap bulannya hanya untuk membeli rokok.

Dengan semakin membumbungnya harga rokok setiap hari, tentu ini
akan berbahaya bagi keuangan Anda. Itu belum seberapa jika dihitung juga biaya perawatan kesehatan Anda akibat tidak kunjung berhenti merokok.

Meski ini bukan bahaya rokok yang paling fatal, kalau boleh memilih, tentu tidak ada yang mau mengeluarkan biaya semacam itu. Bagi Anda yang telah terlanjur merokok dan ingin membersihkan tubuh, ada beberapa makanan yang dianjurkan bagi Anda.

Diet tersebut direkomendasikan untuk membantu menggantikan nutrien yang selama ini hilang akibat merokok. Di antaranya adalah jagung, coklat, nanas, pisang, dan buah Noni.

Jagung mengandung betacryptoxanthin. Ini bisa membantu melawan virus yang menyebabkan kanker paru-paru.

Coklat diyakini mengandung zat-zat yang dapat sangat membantu memperlancar sirkulasi darah di tubuh.

Nanas, selain manis dan segar, dapat membersihkan nikotin dari tubuh sedikit demi sedikit.

Pisang, yang kaya akan kalium, membantu daokgen dalam tubuh, terutama di otak. Yang terakhir namun paling bagus untuk pembersihan tubuh adalah buah Noni.

Noni juice tidak hanya bagus untuk perokok tetapi juga untuk non-perokok. Mengapa? Karena buah ini mengandung scopoletin yang membantu dalam mengatur tekanan darah, juga morindin yang mempunyai efek anti-bakteri dan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, Noni juga kaya akan antioksi dan sehingga dapat mengikat radikal bebas, faktor bahaya rokok yang paling utama.

 
 
Kembali Ke atas | Kembali Ke Index Karya Ilmiah
 
 
 
  Situs © 2009-2024 Oleh Pejuang Islam