URL: www.pejuangislam.com
Email: editor@pejuangislam.com
 
Halaman Depan >>
 
 
Pengasuh Ribath Almurtadla Al-islami
Ustadz H. Luthfi Bashori
 Lihat Biografi
 Profil Pejuang Kaya Ide
 Imam Abad 21
 Info Asshofwah
Karya Tulis Pejuang


 
Ribath Almurtadla
Al-islami
 Pengasuh Ribath
 Amunisi Dari Tumapel
 Aktifitas Pengasuh
 Perjuangan Pengasuh
 Kalender Ribath
Pesantren Ilmu al-Quran (PIQ)
 Sekilas Profil
 Program Pendidikan
 Pelayanan Masyarakat
 Struktur Organisasi
 Pengasuh PIQ
 
Navigasi Web
Karya Tulis Santri
MP3 Ceramah
Bingkai Aktifitas
Galeri Sastra
Curhat Pengunjung
Media Global
Link Website
TV ONLINE
Kontak Kami
 
 
 Arsip Teriakan Pejuang
 
KEJARLAH ILMU AGAMA SETINGGI LANGIT 
  Penulis: Pejuang Islam  [18/1/2024]
   
SHALAT SUNNAH & BACA ALQURAN DI RUMAH 
  Penulis: Pejuang Islam  [16/1/2024]
   
HADIAH TERBAIK ADALAH NASEHAT 
  Penulis: Pejuang Islam  [11/1/2024]
   
PARA PENYAMPAI HADITS NABI 
  Penulis: Pejuang Islam  [8/1/2024]
   
PENASIHAT ITU DIPERCAYA 
  Penulis: Pejuang Islam  [31/12/2023]
   
 
 Book Collection
 (Klik: Karya Tulis Pejuang)
Pengarang: H. Luthfi B dan Sy. Almaliki
Musuh Besar Umat Islam
Konsep NU dan Krisis Penegakan Syariat
Dialog Tokoh-tokoh Islam
Carut Marut Wajah Kota Santri
Tanggapan Ilmiah Liberalisme
Islam vs Syiah
Paham-paham Yang Harus Diluruskan
Doa Bersama, Bahayakah?
 
 WEB STATISTIK
 
Hari ini: Jumat, 19 April 2024
Pukul:  
Online Sekarang: 1 users
Total Hari Ini: 144 users
Total Pengunjung: 5863635 users
 
 
Untitled Document
 PEJUANG ISLAM - KARYA ILMIAH USTADZ LUTHFI BASHORI
 
 
ZUHUD DI DUNIA 
Penulis: Pejuang Islam [ 10/9/2016 ]
 
ZUHUD DI DUNIA

 Luthfi Bashori

 Dari Nu`man bin Basyir RA berkata, saya mendengar Rasulullah SAW bersabda (sambil mengisyaratkan telunjuk ke kedua telinganya) : Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas.

 Di antara keduanya terdapat perkara-perkara syubhat (samar-samar) yang tidak diketahui kebanyakan manusia. Maka siapa yang-menjaga dirinya dari syubhat, berarti ia telah menyelamatkan agama dan kehormatannya.

 Dan siapa yang terjerumus dalam perkara syubhat, maka akan terjerumus dalam perkara yang diharamkan. Sebagaimana penggembala yang menggembala di sekitar (padang rumput) terlarang, di mana lambat laun ia akan memasukinya. Ketahuilah, bahwa setiap raja memiliki larangan dan larangan Allah adalah apa yang Dia haramkan.

 Ketahuilah bahwa dalam tubuh itu terdapat se gumpal daging, jika ia baik maka baiklah seluruh tubuh, dan jika buruk, maka buruklah seluruh tubuh; ketahuilah, ia adalah hati".

Dari Abu Hurairah r.a, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Celakalah hamba dinar, hamba dirham dan hamba pakaian. Di mana jika diberi ia akan ridha dan jika tidak diberi, maka ia tidak akan ridha".(HR Imam Bukhari).

 Dari Ibnu Umar r.a, ia berkata, Rasulullah SAW pernah memegang kedua pundakku seraya bersabda: "Jadilah di dunia ini seakan engkau adalah orang asing atau seorang yang sedang lewat".
Ibnu Umar r.a berkata: "Jika engkau berada di waktu sore, jangan menunggu datangnya waktu pagi. Dan jika engkau berada di waktu pagi, maka jangan tunggu datangnya waktu sore.

 Pergunakan waktu sehatmu untuk (menghadapi) waktu sakitmu dan kehidupanmu untuk menhadapi hari kematianmu".(HR Imam Bukhari).

Dari Ibnu Umar r.a, ia berkata, Rasulullah SAW barsabda: "Barang siapa menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan mereka".(HR Abu Daud, dan dishahihkan oleh Imam Ibnu Hibban).

Dari Ibnu Abbas r.a, ia berkata: Suatu hari aku pernah dibonceng Nabi SAW, maka beliau bersabda: "Wahai anak muda, jagalah Allah niscaya ia akan menjagamu.

 Jagalah Allah niscaya engkau akan mendapati-Nya di hadapanmu. jika engkau meminta, maka mintalah hanya kepada Allah dan jika engkau memohon pertolongan, maka minta tolonglah hanya kepada Allah".(HR Imam at-Tirmidzi, beliau berkata: Hasan Shahih).

 Dari Sahl bin Sa`ad r.a, ia berkata: Seorang laki-laki datang menghadap Nabi SAW seraya berkata: "Wahai Rasulullah, tunjukkan padaku satu amal, jika aku kerjakan niscaya Allah Ta`ala akan mencintaiku dan manusia juga akan mencintaiku. Rasulullah SAW bersabda: "Berlaku zuhudlah di dunia, niscaya Allah Ta`ala akan mencintaimu. Dan zuhudlah terhadap apa yang ada pada manusia, niscaya mereka akan mencintaimu". (HR Ibnu Majah dan selainnya, sanadnya Hasan).

 Dari Sa`ad bin Abi Waqash r.a, ia berkata, saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah Ta`ala mencinta hamba yang bertakwa, merasa cukup dan tersembunyi". (HR Imam Muslim).

Dari Abu Hurairah r.a, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Di antara baiknya keislaman seseorang, jika ia meninggalkan apa yang tidak berguna baginya".(HR at-Tirmidzi, beliau berkata Hasan).

Dari al-Miqdam bin Ma`dikarib r.a, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Tidak ada bejana (tempat) paling buruk yang diisi manusia melebihi perutnya".(HR at-Tirmidzi, dan beliau menganggapnya Hasan).

 Dari Anas r.a, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Setiap manusia pasti berbuat salah, dan sebaik-baik orang yang bersalah adalah orang yang segera bertaubat". (HR at-Tirmidzi dan Ibnu Majah, sanadnya kuat).

Dari Anas r.a, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Diam itu hikmah, namun sedikit yang mengamalkannya". (HR Imam Baihaqi dalam al-Syu`ab dengan sanad dhaif, dan beliau menilai bahwa yang shahih ia adalah hadits mauquf dari perkataan Lukman al-Hakim).

(Dinukil dari Kitab Aljami` terjemahan Rapung Samuddin, Lc)
   
 Isikan Komentar Anda
   
Nama 
Email 
Kota 
Pesan/Komentar 
 
 
 
1.
Pengirim: muhammad  - Kota: jakarta
Tanggal: 2/6/2010
 
bisakah ditambah hadis hadis yang membangun 
[Pejuang Islam Menanggapi]
BISMILLAHIR RAHMANIR RAHIM
Lain kesempatan insyaallah

 
 
Kembali Ke atas | Kembali Ke Index Karya Ilmiah
 
 
 
  Situs © 2009-2024 Oleh Pejuang Islam