URL: www.pejuangislam.com
Email: editor@pejuangislam.com
 
Halaman Depan >>
 
 
Pengasuh Ribath Almurtadla Al-islami
Ustadz H. Luthfi Bashori
 Lihat Biografi
 Profil Pejuang Kaya Ide
 Imam Abad 21
 Info Asshofwah
Karya Tulis Pejuang


 
Ribath Almurtadla
Al-islami
 Pengasuh Ribath
 Amunisi Dari Tumapel
 Aktifitas Pengasuh
 Perjuangan Pengasuh
 Kalender Ribath
Pesantren Ilmu al-Quran (PIQ)
 Sekilas Profil
 Program Pendidikan
 Pelayanan Masyarakat
 Struktur Organisasi
 Pengasuh PIQ
 
Navigasi Web
Karya Tulis Santri
MP3 Ceramah
Bingkai Aktifitas
Galeri Sastra
Curhat Pengunjung
Media Global
Link Website
TV ONLINE
Kontak Kami
 
 
 Arsip Teriakan Pejuang
 
JENAZAH YANG BICARA 
  Penulis: Pejuang Islam  [14/1/2020]
   
BERSELANCAR DALAM DUNIA ORGANISASI 
  Penulis: Pejuang Islam  [14/1/2020]
   
SAAT PARA KYAI SEPUH MENGIRIM ANAK & MURIDNYA BELAJAR KE LUAR NEGERI 
  Penulis: Pejuang Islam  [5/1/2020]
   
ORANG MATI ITU DAPAT MENDENGAR 
  Penulis: Pejuang Islam  [5/1/2020]
   
MATAHARI TERBIT DARI BARAT 
  Penulis: Pejuang Islam  [23/12/2019]
   
 
 Book Collection
 (Klik: Karya Tulis Pejuang)
Pengarang: H. Luthfi B dan Sy. Almaliki
Musuh Besar Umat Islam
Konsep NU dan Krisis Penegakan Syariat
Dialog Tokoh-tokoh Islam
Carut Marut Wajah Kota Santri
Tanggapan Ilmiah Liberalisme
Islam vs Syiah
Paham-paham Yang Harus Diluruskan
Doa Bersama, Bahayakah?
 
 WEB STATISTIK
 
Hari ini: Minggu, 26 Januari 2020
Pukul:  
Online Sekarang: 2 users
Total Hari Ini: 232 users
Total Pengunjung: 4800685 users
 
 
Untitled Document
 PEJUANG ISLAM - KARYA ILMIAH USTADZ LUTHFI BASHORI
 
 
BERSELANCAR DALAM DUNIA ORGANISASI 
Penulis: Pejuang Islam [ 14/1/2020 ]
 
BERSELANCAR DALAM DUNIA "ORGANISASI ISLAM" ITU,
SEBENARNYA CUKUP MENYENANGKAN


Luthfi Bashori

Dulu, sebelum saya berusia 50 tahun (lahir th 1965), saya sangat gemar sekali berorganisasi.

Namun saya hanya memilih gabung dengan berbagai organisasi yang berlandaskan Islam dan non politik.

Setelah usia saya di atas 50 tahun, rasanya sudah jarang saya mengikuti organisasi secara resmi, apalagi jika diminta jadi pengurus aktif, walaupun masih saja ada kawan-kawan aktifis organisasi itu yang meminta, agar saya tetap aktif bersama mereka, namun sekarang ini sudah banyak saya kurangi kegiatan-kegiatan yang terkait keorganinasian.

Sangat berbeda jika saya diajak dalam kegiatan yang berbentuk forum-forum ilmiah dan forum-forum kemasyarakatan. Karena yang namanya forum itu, tanpa bentuk atau struktur organisasi kepengurusan, maka saya masih sangat tertarik untuk hadir dalam forum-forum keislaman hingga saat ini.

Saya masih ingat jaman dahulu, kalau ada tawaran dari organisasi non (keagamaan) Islam agar saya bergabung dengan mereka, biasanya saya tolak secara halus dengan berbagai alasan, tapi hubungan sosialnya tetap berusaha saya jalin dengan mereka.

Demikian juga, kalau ada partai politik yang melamar saya untuk bergabung, maka saya tolak pula secara sopan dengan berbagai alasan.

Karena itu, saya tidak pernah berkecimpung sebagai pengurus resmi dalam organisasi non islami atau partai politik manapun.

Sebenarnya, yang paling saya gemari dalam hidup saya, yaitu saat saya terjun ke dunia pendidikan Islam, dan bidang inilah yang paling saya prioritaskan.

Tapi, menurut saya pribadi, rasanya kurang sempurna jika ilmu yang ada di tempat pendidikan itu, jika tidak dikembangkan di tengah masyarakat secara luas. Karena ilmu tersebut akan terasa jumud (tidak berkembang dengan baik).


Untuk itulah sedikit demi sedikit saya selalu berusaha mengembangkan sayap dakwah dari satu tempat ke tempat yang lain, demi tersampaikannya ilmu yang terdapat dalam dunia pendidikan kepada khalayak.


Demi mengemban misi dakwah dalam menyampaikan ilmu agama (syariat Islam), akhirnya saya memilih aktif bergabung di berbagai organisasi dan pergerakan Islam yang ada di tanah air.


Di antara organisasi yang pernah saya ikuti, antara lain adalah JUI (Jam`iyyah Ukhuwah Islamiyah) wadahnya anak-anak muda Singosari Malang, dan saya pernah didapuk sebagai salah satu sesepuhnya. Peristiwa ini terjadi di awal-awal kepulangan saya dari Makkah pada tahun 1991.

Saya juga pernah menjadi pengurus GP Ansor Singosari di era sekitar 1992, kemudian pernah ditarik ke MWC.NU Singosari, dan diajak ikut membangun gedung kantor MWC.NU Singosari dengan acara turba ke desa-desa, saya sendiri saat itu kebagian ceramah agama khususnya yang terkait pahala sedekah.

Alhamdulillah akhirnya NU Singosari punya kantor resmi dan permanen. Saat itupun saya ikut di dalam kepengurusan MWC.NU satu priode.

Kemudian saya didapuk menjadi Ketua FORMAIS (Forum Masyarakat Islam Singosari) sejak diresmikan hingga saat ini. Organisasi ini bergerak khususnya mengadakan kontrol sosial keagamaan di kecamatan Singosari yang bersinergi dengan Muspika, hingga dapat mencetuskan ide peresmian jargon SINGOSARI KOTA SANTRI.

Saya juga pernah tercatat sebagai anggota pengurus FUUI (Forum Ulama Umat Indonesia) Bandung Jabar (masa bakti sudah selesai).

Di awal berdirinya MMI (Majelis Mujahidin Indonesia), saya pernah diminta jadi penasehat untuk satu priode (masa bakti sudah selesai).

Saya juga menjabat sebagai Ketua Komisi Hukum & Fatwa MUI Kabupaten Malang dua priode (masa bakti sudah selesai), kemudian dilanjut pada priode ke tiga namun hanya sebagai anggota komisi Hukum & Fatwa hingga saat ini.

Pernah juga saya diminta sebagai penasehat 3F-P3-I Jatim satu priode (masa bakti sudah selesai).

Sekitar 15 tahun yang lalu, saya juga sering diminta sebagai nara sumber FPIS (Front Pemuda Islam Surakarta).

Di saat yang hampir bersamaan, saya juga pernah diminta menjadi penasehat FSPS (Forum Silaturahim Peduli Syariat) se Malang Raya, penasehat FKRM (Forum Komunikasi Remaja Masjid) kabupaten Malang, penasehat Tim Fakta dan ARIMATEA cabang Malang (dua organisasi yang berkecimpung dalam membentengi umat Islam dari maraknya kristenisasi). Serta beberapa organisasi Islam lainnya, terutama yang lahir di kampus-kampus, namun kebanyakan organisasi tersebut di atas, kini sudah jarang yang aktif lagi berkiprah di tengah masyarakat, bahkan banyak yang sudah tidak terdengar lagi gaungnya.

Saya juga pernah menjabat sebagai pengurus harian Haiah Asshofwah Almalikiyah, himpunan almuni Ma`had Abuya Sayyid Muhammad Alwi Almaliki (Makkah), saya aktif selama sekitar enam tahun, pernah jadi Dewan Syura, Juru Bicara, dan berganti-ganti rotasi kepengurusan harian. (Masa bakti sudah selesai)

Kemudian saya juga diminta lagi menjabat sebagai salah satu Pengurus Syuriah MWC.NU Singosari Malang hingga kini (menjabat dua priode / 2013 - 2023).

Walaupun saya sering diminta jadi pengurus di berbagai ormas Islam, namun yang paling terasa mendarah daging pada diri saya adalah saat diminta menjadi nara sumber Pembahasan Ilmiah seperti ceramah monolog, seminar, dialog, diskusi, serta menulis karya ilmiah terkait isu-isu kekinian dalam dunia Islam.

Alhamdulillah, karya ilmiah saya sekarang sudah dapat dibaca dan didengar lewat Webset:

- www.pejuangislam.com
- Facebook pribadi: Luthfi Bashor,i
- Channel youtube: TV Pejuang Islam,
- Media sosial (MEDSOS) lainnya.

Semoga bermanfaat bagi umat.
   
 Isikan Komentar Anda
   
Nama 
Email 
Kota 
Pesan/Komentar 
 
 
 
 
 
Kembali Ke atas | Kembali Ke Index Karya Ilmiah
 
 
 
  Situs © 2009-2020 Oleh Pejuang Islam