URL: www.pejuangislam.com
Email: editor@pejuangislam.com
 
Halaman Depan >>
 
 
Pengasuh Ribath Almurtadla Al-islami
Ustadz H. Luthfi Bashori
 Lihat Biografi
 Profil Pejuang Kaya Ide
 Imam Abad 21
 Info Asshofwah
Karya Tulis Pejuang


 
Ribath Almurtadla
Al-islami
 Pengasuh Ribath
 Amunisi Dari Tumapel
 Aktifitas Pengasuh
 Perjuangan Pengasuh
 Kalender Ribath
Pesantren Ilmu al-Quran (PIQ)
 Sekilas Profil
 Program Pendidikan
 Pelayanan Masyarakat
 Struktur Organisasi
 Pengasuh PIQ
 
Navigasi Web
Karya Tulis Santri
MP3 Ceramah
Bingkai Aktifitas
Galeri Sastra
Curhat Pengunjung
Media Global
Link Website
TV ONLINE
Kontak Kami
 
 
 Arsip Teriakan Pejuang
 
RONTOKNYA KUALITAS UMAT ISLAM 
  Penulis: Pejuang Islam  [19/11/2019]
   
PANCASILA KOK DIBANDINGKAN DENGAN ALQURAN? 
  Penulis: Pejuang Islam  [17/11/2019]
   
ALQURAN DIBANDINGKAN DENGAN PANCASILA ?  
  Penulis: Pejuang Islam  [17/11/2019]
   
WA DANA WA DANA DANA 
  Penulis: Pejuang Islam  [17/11/2019]
   
KELUARGA LINTAS AGAMA, SEBAGAI TANDA QIAMAT 
  Penulis: Pejuang Islam  [15/11/2019]
   
 
 Book Collection
 (Klik: Karya Tulis Pejuang)
Pengarang: H. Luthfi B dan Sy. Almaliki
Musuh Besar Umat Islam
Konsep NU dan Krisis Penegakan Syariat
Dialog Tokoh-tokoh Islam
Carut Marut Wajah Kota Santri
Tanggapan Ilmiah Liberalisme
Islam vs Syiah
Paham-paham Yang Harus Diluruskan
Doa Bersama, Bahayakah?
 
 WEB STATISTIK
 
Hari ini: Rabu, 11 Desember 2019
Pukul:  
Online Sekarang: 8 users
Total Hari Ini: 744 users
Total Pengunjung: 4723014 users
 
 
Untitled Document
 PEJUANG ISLAM - KARYA ILMIAH USTADZ LUTHFI BASHORI
 
 
TANDA TERBESAR MENJELANG DATANG HARI QIAMAT 
Penulis: Pejuang Islam [ 30/11/2019 ]
 
TANDA TERBESAR MENJELANG DATANG HARI QIAMAT
(Bedah Pemikiran Mbah Hasyim Asy’ari)

Luthfi Bashori


Dalam kitab Risalah Ahlis Sunnah wal Jama’ah, KH. Hasyim Asy’ari menyebutkan tentang tanda-tanda terbesar saat sudah sangat dekat datangnya hari Qiamat, beliau menukil hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim di dalam kitab Shahihnya, dari  Sahabat Hudzaifah bin Usaid Al-Ghifari RA, ia berkata: “Nabi Muhammad SAW muncul di hadapan kami, tatkala kami sedang berdiskusi. Lalu beliau SAW bertanya: ‘Apa yang sedang kalian diskusikan?’ Kami menjawab: ‘Kami sedang berdiskusi tentang Hari Qiamat’.

Lalu beliau SAW bersabda: “Sesungguhnya Hari Qiamat itu tidak akan terjadi sampai kalian melihat sepuluh tanda akan muncul sebelumnya’.

Kemudian beliau menyebut Dukhan (asap), Dajjal, Dabbah (binatang melata), terbitnya matahari dari barat, turunnya Nabi Isa bin Maryam AS, munculnya Ya’juj dan Ma’juj, tiga tanah amblas: tanah amblas di timur, tanah amblas di barat dan tanah Arab di Jazirah Arab, dan yang terakhir ialah api yang keluar dari Yaman yang menggiring manusia ke tempat berkumpul mereka.”
Tentang asap Dukhan ini Al-Qur’an menyebutkan, yang artinya: “Maka tunggulah hari ketika langit membawa asap yang nyata.” (Ad-Dukhan,10).

Bagi mereka yang beriman, asap Dukhan hanya menimbulkan gejala pilek biasa. Namun lain halnya dengan mereka yang berdosa. Tubuh dan kepala mereka akan merasakan panas hingga kulit-kulitnya meleleh. Sama seperti bekas perisai yang dipukul hingga menimbulkan bekas. Hal ini juga senada keterangan Sy. Ibnu Umar RA: “Akan keluar Dukhan, lalu orang mukmin terkena imbasnya, hingga seperti orang pilek. Lalu asap ini masuk ke telinga orang kafir dan munafik, sehingga kepala mereka seperti kepala hewan panggang”. (Tafsir at-Thabari, 22/17).

Adapun Dajjal, adalah seorang lelaki kafir yang memiliki ciri fisik seperti cacat pada mata kirinya, memiliki rambut keriting dan lebat. Pendapat lain mengatakan mata kanannya yang buta.]Ia memiliki perawakan besar dan pendek, berkaki bengkok, rambutnya keriting, matanya buta sebelah, dan matanya kabur, serta tidak menonjol dan tidak juga cekung. Jalannya tidak normal, bertubuh gempal, kulitnya merah, berkening lebar, serta dadanya bidang.

Untuk hewan Dabbah, Allah SWT berfirman yang artinya: "Apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami akan keluarkan seekor dabbah (binatang) dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesunggguhnya manusia dulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami." (An-Naml: 82)

Tentang matahari terbit dari barat, Rasulullah SAW bersabda, "Tidak akan terjadi kiamat sehingga matahari terbit dari sebelah barat, jika ia telah terbit, lalu manusia menyaksikannya, maka semua orang akan beriman, ketika itu tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya". (HR. Bukhari – Muslim).

Untuk turunnya Nabi Isa AS disebutkan dalam hadits riwayat Sy. Jabir bin Abdillah, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Akan senantiasa ada segolongan dari umatku yang berperang memperjuangkan kebenaran dan meraih kemenangan hingga hari kiamat.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun mengatakan, “Kemudia Isa bin Maryam turun ke muka bumi. Lalu pemimpin mereka-mereka tadi mengatakan pada Isa, “Jadilah imam shalat bersama kami.” “Tidak. Sesungguhnya di antara kalian sudah menjadi pemimpin bagi yang lain. Allah betul-betul telah memuliakan umat ini”, jawab Isa.” (HR. Muslim).

Adapun Ya’juj dan Ma’juj adalah dua suku yang akan muncul pada akhir zaman. Mereka memiliki kekuatan sebagai perusak dan penghancur kehidupan di muka bumi, dan mereka akan berperang melawan Nabi Isa beserta pasukannya di bukit Thursina. Kemunculan suku ini merupakan salah satu tanda besar Qiamat.

Tentang tanah amblas di akhir jaman, dari St. Aisyah RA berkata, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Manusia terakhir dari umat ini akan mengalami kejadian al-maskh (pengubahan rupa), al khasaf (tanah amblas) dan qadzaf (lemparan). Aisyah bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah kami binasa padahal di tengah kami ada orang-orang shalih?” Rasulullah SAW menjawab, “Ya. Jika perbuatan keji merajalela.” (HR. At Tirmidzi).

Di dalam riwayat lain disebutkan, “Umat ini akan mengalami peristiwa al maskh, al khasaf dan qadzaf.” Seorang lelaki bertanya, “ Wahai Rasulullah kapan itu terjadi?” Rasulullah bersabda, “ Jika biduanita dan alat-alat musik sudah bertebaran.” (HR. At Tirmidzi).

Terkait api yang muncul di akhir jaman, Imam Ahmad dan at-Tirmidzi meriwayatkan dari Sy. Ibnu Umar RA, beliau berkata, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Akan keluar api dari Hadramaut atau laut Hadramaut sebelum hari Qiamat yang akan menggiring manusia.’

Imam Bukhari meriwayatkan dari Anas Radhiyallahu anhu bahwa Sy. Abdullah bin Salam ketika masuk Islam bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang beberapa masalah, di antaranya: “Apakah tanda pertama datangnya Qiamat?” Lalu Nabi Muhammad SAW menjawab, “Adapun tanda Qiamat yang pertama adalah api yang mengumpulkan manusia dari timur ke barat.”

   
 Isikan Komentar Anda
   
Nama 
Email 
Kota 
Pesan/Komentar 
 
 
 
 
 
Kembali Ke atas | Kembali Ke Index Karya Ilmiah
 
 
 
  Situs © 2009-2019 Oleh Pejuang Islam