URL: www.pejuangislam.com
Email: editor@pejuangislam.com
 
Halaman Depan >>
 
 
Pengasuh Ribath Almurtadla Al-islami
Ustadz H. Luthfi Bashori
 Lihat Biografi
 Profil Pejuang Kaya Ide
 Imam Abad 21
 Info Asshofwah
Karya Tulis Pejuang


 
Ribath Almurtadla
Al-islami
 Pengasuh Ribath
 Amunisi Dari Tumapel
 Aktifitas Pengasuh
 Perjuangan Pengasuh
 Kalender Ribath
Pesantren Ilmu al-Quran (PIQ)
 Sekilas Profil
 Program Pendidikan
 Pelayanan Masyarakat
 Struktur Organisasi
 Pengasuh PIQ
 
Navigasi Web
Karya Tulis Santri
MP3 Ceramah
Bingkai Aktifitas
Galeri Sastra
Curhat Pengunjung
Media Global
Link Website
TV ONLINE
Kontak Kami
 
 
 Arsip Teriakan Pejuang
 
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [6/10/2019]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [6/10/2019]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [6/10/2019]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [6/10/2019]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [6/10/2019]
   
 
 Book Collection
 (Klik: Karya Tulis Pejuang)
Pengarang: H. Luthfi B dan Sy. Almaliki
Musuh Besar Umat Islam
Konsep NU dan Krisis Penegakan Syariat
Dialog Tokoh-tokoh Islam
Carut Marut Wajah Kota Santri
Tanggapan Ilmiah Liberalisme
Islam vs Syiah
Paham-paham Yang Harus Diluruskan
Doa Bersama, Bahayakah?
 
 WEB STATISTIK
 
Hari ini: Rabu, 16 Oktober 2019
Pukul:  
Online Sekarang: 6 users
Total Hari Ini: 610 users
Total Pengunjung: 4633248 users
 
 
Untitled Document
 PEJUANG ISLAM - MEDIA GLOBAL
 
 
Ini Pentingnya Rutin Mengecek Kadar Gula Darah Saat Puasa 
Penulis: https://www.guesehat.com [20/5/2019]
 
Ini Pentingnya Rutin Mengecek Kadar Gula Darah Saat Puasa


Setiap orang yang beragama islam pasti ingin menjalani puasa di bulan Ramadan dengan lancar. Namun, penderita diabetes sebaiknya tidak berpuasa, khususnya jika kadar gula darah tidak stabil. Jika pun berpuasa, penting untuk rutin mengecek kadar gula darah saat puasa.

Untuk banyak orang, puasa memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun, situasinya lebih kompleks pada penderita diabetes. Ada beberapa risiko kesehatan yang bisa dialami penderita diabetes saat puasa. Jadi, penderita diabetes harus sadar pentingnya rutin mengecek kadar gula darah saat puasa.

Kontrol gula darah yang baik merupakan kunci hidup sehat penderita diabetes. Oleh sebab itu, bagi penderita diabetes yang ingin berpuasa, kestabilan gula darah itu sangat penting.

Untuk tahu lebih jauh tentang pentingnya rutin mengecek kadar gula darah saat puas, berikut penjelasannya!


Pentingnya Rutin Mengecek Kadar Gula Darah saat Puasa

Rutin mengecek gula darah itu adalah hal penting untuk perawatan diabetes selama berpuasa. Pasalnya, selama Ramadan, terjadi perubahan pola makan, tidur, dan olahraga saat berpuasa.

Disarankan agar penderita diabetes sadar pentingnya rutin mengecek kadar gula darah saat puasa, beberapa kali dalam sehari. Tujuannya untuk memastikan kadar gula darahnya stabil.

Cek kadar gula darah sebaiknya dilakukan pada siang hari, sebelum berbuka puasa, di waktu sahur, dan dua jam setelah sahur. Pada umumnya, dokter selalu menyarankan pasien diabetes mengecek kadar gula darah tepat sebelum makan dan dua jam setelah makan. Hal ini memberikan informasi kepada pasien diabetes, seberapa banyak dampak makanan yang dikonsumsi terhadap kadar gula darah.

Alasan lain kenapa penderita diabetes harus tahu pentingnya rutin mengecek kadar gula darah saat puasa adalah karena risiko hipoglikemia. Hipoglikemia adalah kondisi yang sangat berbahaya.

Penderita diabetes memiliki risiko terkena hipoglikemia ketika berpuasa, khususnya jika kadar gula darahnya tidak stabil. Inilah kenapa penderita diabetes, khususnya yang berpuasa, harus tahu pentingnya rutin mengecek kadar gula darah saat puasa.


Aturan Makan dan Olahraga Penderita Diabetes Saat Puasa

Penderita diabetes harus makan saat sahur. Makanan yang dikonsumsi juga harus dibatasi, baik itu jenis makanannya ataupun porsinya. Pasalnya, terlalu banyak makan saat buka puasa dan sahur bisa meningkatkan kadar gula darah secara tiba-tiba.

Penting juga bagi penderita diabetes untuk minum cairan yang cukup di antara waktu buka puasa dan sahur, berupa air putih dan bukan minuman manis. Selain itu, diet sehat dan seimbang selama Ramadan juga direkomendasikan untuk setiap orang, termasuk penderita diabetes dan prediabetes.

Untuk berbuka puasa, sebaiknya mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana yang rendah, seperti kurma atau susu. Makan sahur dilakukan ketika waktunya sudah menjelang waktu imsak. Untuk makanannya sendiri, konsumsilah karbohidrat kompleks, seperti roti whole grain atau sayuran. Ini akan membuat gula darah tidak naik dengan drastis dan  

Seperti biasa, penderita diabetes juga tetap harus rutin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik. Disarankan agar penderita diabetes berolahraga beberapa saat sebelum berbuka puasa. Olahraga yang dimaksud adalah olahraga ringan, seperti jalan kaki selama beberapa menit.


https://www.guesehat.com
   
 Isikan Komentar Anda
   
Nama 
Email 
Kota 
Pesan/Komentar 
 
 
 
 
Kembali Ke Index Berita
 
 
  Situs © 2009-2019 Oleh Pejuang Islam