URL: www.pejuangislam.com
Email: editor@pejuangislam.com
 
Halaman Depan >>
 
 
Pengasuh Ribath Almurtadla Al-islami
Ustadz H. Luthfi Bashori
 Lihat Biografi
 Profil Pejuang Kaya Ide
 Imam Abad 21
 Info Asshofwah
Karya Tulis Pejuang


 
Ribath Almurtadla
Al-islami
 Pengasuh Ribath
 Amunisi Dari Tumapel
 Aktifitas Pengasuh
 Perjuangan Pengasuh
 Kalender Ribath
Pesantren Ilmu al-Quran (PIQ)
 Sekilas Profil
 Program Pendidikan
 Pelayanan Masyarakat
 Struktur Organisasi
 Pengasuh PIQ
 
Navigasi Web
Karya Tulis Santri
MP3 Ceramah
Bingkai Aktifitas
Galeri Sastra
Curhat Pengunjung
Media Global
Link Website
TV ONLINE
Kontak Kami
 
 
 Arsip Teriakan Pejuang
 
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [18/5/2019]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [18/5/2019]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [18/5/2019]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [18/5/2019]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [18/5/2019]
   
 
 Book Collection
 (Klik: Karya Tulis Pejuang)
Pengarang: H. Luthfi B dan Sy. Almaliki
Musuh Besar Umat Islam
Konsep NU dan Krisis Penegakan Syariat
Dialog Tokoh-tokoh Islam
Carut Marut Wajah Kota Santri
Tanggapan Ilmiah Liberalisme
Islam vs Syiah
Paham-paham Yang Harus Diluruskan
Doa Bersama, Bahayakah?
 
 WEB STATISTIK
 
Hari ini: Kamis, 23 Mei 2019
Pukul:  
Online Sekarang: 3 users
Total Hari Ini: 178 users
Total Pengunjung: 4415863 users
 
 
Untitled Document
 PEJUANG ISLAM - MEDIA GLOBAL
 
 
Ketahui Manfaat Gandum Utuh 
Penulis: https://www.guesehat.com [19/4/2019]
 
Ketahui Manfaat Gandum Utuh


Belum banyak yang tahu bahwa gandum utuh memiliki sejumlah manfaat sehat bagi tubuh. Kandungan serat yang tinggi dalam gandum utuh mampu mengurangi risiko berbagai jenis penyakit kronis tidak menular, seperti penyakit jantung, stroke, dan kanker usus.

Apa Itu Gandum Utuh?

Meski sudah banyak dibicarakan, nyatanya masyarakat Indonesia masih belum terlalu sadar akan pentingnya mengonsumsi serta manfaat gandum utuh yang kaya akan serat ini. Terbukti dibanding negara-negara lain, seperti Denmark dan Amerika, Indonesia masih sangat tertinggal dalam jumlah konsumsi seratnya, terutama gandum utuh.

"Saya melihat masyarakat Indonesia belum mengonsumsi gandum utuh dalam makanan mereka sehari-hari. Padahal, sangat baik mengonsumsi gandum utuh bersamaan dengan buah, sayuran, dan kacang-kacangan," jelas Prof. Ali Khomsan, Guru Besar Pangan dan Nutrisi Institut Pertanian Bogor (IPB), dalam acara Diskusi Eksklusif Nestle Breakfast Cereals "Paradigma Baru untuk Tingkatkan Konsumsi Gandum Utuh` di Jakarta, Kamis (28/3) lalu.

Gandum utuh sendiri termasuk dalam jenis whole grains atau biji-bijian utuh yang belum diolah, sehingga masih menyertakan bagian bran (kulit terluar), germ (lembaga), dan endosperma. Semua bagian yang tidak dipisahkan ini membuat gandum utuh sangat kaya akan serat dan vitamin, sehingga baik untuk mengurangi risiko berbagai jenis penyakit.


Apa Saja Manfaat Gandum Utuh?

Seperti telah disebutkan sebelumnya, gandum utuh memiliki kandungan vitamin dan serat tinggi yang baik bagi tubuh. Nah, kira-kira apa saja sih manfaat gandum utuh bagi kesehatan dan tubuh? Berikut di antaranya.

 
1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat kesehatan biji-bijian seperti gandum utuh adalah menurunkan risiko penyakit jantung, yang merupakan salah satu penyebab utama kematian terbesar di seluruh dunia.

Penelitian tahun 2016 mengungkapkan bahwa konsumsi 3 porsi masing-masing 1 ons gandum utuh setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 22%.

 
2. Menurunkan risiko penyakit stroke

Kandungan dalam biji-bijian utuh, seperti serat, vitamin K, dan antioksidan, dapat mengurangi risiko stroke. Biji-bijian utuh juga direkomendasikan dalam diet DASH dan diet Mediterania.

 
3. Mengurangi risiko obesitas

Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan. Oleh karena itu, konsumsi biji-bijian seperti gandum utuh dapat membantu menurunkan berat badan serta mengurangi risiko obesitas.

4. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Selain serat dan vitamin, gandum utuh juga mengandung magnesium serta mineral, yang dapat membantu tubuh mencerna karbohidrat dan meningkatkan sensitivitas insulin. Ini sangat baik untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2.

 
5. Menjaga kesehatan pencernaan

Serat dalam gandum utuh dapat menjaga pencernaan tetap sehat dan mencegah sembelit.


6. Mengurangi risiko kanker

Penelitian menunjukkan bahwa gandum utuh dapat mencegah risiko kanker, terutama kanker kolorektal atau kanker usus besar.

Gandum utuh hanya salah satu dari banyaknya jenis biji-bijian utuh yang memiliki manfaat baik bagi tubuh. Sebenarnya, ada banyak jenis biji-bijian utuh lain yang tak kalah bermanfaat seperti gandum utuh, misalnya beras merah dan jagung.

"Sebenarnya, setiap orang hanya perlu mengonsumsi gandum utuh atau serat sebanyak 2-3 sajian atau sekitar 48 gr saja setiap harinya. Di negara lain bahkan ada yang merekomendasikan lebih dari itu," ujar Prof. Ali.

Tuh Gengs, ternyata gandum utuh ada banyak sekali manfaatnya kan untuk tubuh? Maka dari itu, yuk mulai biasakan diri mengonsumsi gandum utuh setiap harinya. Jika belum terbiasa dengan jenis biji utuh, Kamu bisa mengonsumsi makanan berbahan dasar gandum utuh seperti sereal.



https://www.guesehat.com
   
 Isikan Komentar Anda
   
Nama 
Email 
Kota 
Pesan/Komentar 
 
 
 
 
Kembali Ke Index Berita
 
 
  Situs © 2009-2019 Oleh Pejuang Islam