URL: www.pejuangislam.com
Email: editor@pejuangislam.com
 
Halaman Depan >>
 
 
Pengasuh Ribath Almurtadla Al-islami
Ustadz H. Luthfi Bashori
 Lihat Biografi
 Profil Pejuang Kaya Ide
 Imam Abad 21
 Info Asshofwah
Karya Tulis Pejuang


 
Ribath Almurtadla
Al-islami
 Pengasuh Ribath
 Amunisi Dari Tumapel
 Aktifitas Pengasuh
 Perjuangan Pengasuh
 Kalender Ribath
Pesantren Ilmu al-Quran (PIQ)
 Sekilas Profil
 Program Pendidikan
 Pelayanan Masyarakat
 Struktur Organisasi
 Pengasuh PIQ
 
Navigasi Web
Karya Tulis Santri
MP3 Ceramah
Bingkai Aktifitas
Galeri Sastra
Curhat Pengunjung
Media Global
Link Website
TV ONLINE
Kontak Kami
 
 
 Arsip Teriakan Pejuang
 
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [8/2/2019]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis:  [8/2/2019]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [8/2/2019]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [8/2/2019]
   
SEKALIPUN KELAPARAN, JANGAN JUAL AGAMA 
  Penulis: Pejuang Islam  [5/2/2019]
   
 
 Book Collection
 (Klik: Karya Tulis Pejuang)
Pengarang: H. Luthfi B dan Sy. Almaliki
Musuh Besar Umat Islam
Konsep NU dan Krisis Penegakan Syariat
Dialog Tokoh-tokoh Islam
Carut Marut Wajah Kota Santri
Tanggapan Ilmiah Liberalisme
Islam vs Syiah
Paham-paham Yang Harus Diluruskan
Doa Bersama, Bahayakah?
 
 WEB STATISTIK
 
Hari ini: Sabtu, 16 Februari 2019
Pukul:  
Online Sekarang: 8 users
Total Hari Ini: 444 users
Total Pengunjung: 4276473 users
 
 
Untitled Document
 PEJUANG ISLAM - MEDIA GLOBAL
 
 
Menu Makanan untuk Penderita Obesitas 
Penulis: https://www.guesehat.com [29/1/2019]
 
Menu Makanan untuk Penderita Obesitas


Obesitas merupakan salah satu kondisi malnutrisi ketika seseorang memiliki indeks massa tubuh (BMI) 30 atau lebih. Obesitas dapat memicu timbulnya sejumlah masalah kesehatan, seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, hingga kanker. Oleh karena itu, obesitas bukanlah kondisi yang dapat dibiarkan begitu saja.

Satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk menghindari risiko penyakit akibat obesitas adalah dengan menurunkan berat badan hingga mencapai berat ideal. Untuk mendapatkan berat badan ideal, orang dengan obesitas tentu harus memperhatikan asupan makanannya. Lantas, kira-kira seperti apa sih menu makanan untuk penderita obesitas yang tepat?


Indonesia Peringkat Ke-10 Dalam Daftar Negara dengan Tingkat Obesitas Tertinggi

Sebuah studi dari Global Burden of Diseases yang dipublikasikan dalam jurnal medis Lancet tahun 2014 sempat merilis daftar berisi negara-negara dengan tingkat obesitas tertinggi di dunia. Ironisnya, Indonesia termasuk ke dalam daftar tersebut dan menempati peringkat ke-10.

Dikutip dari CNN Indonesia, Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK-UI), Dr. Budi Wiweko, mengatakan kalau salah satu pemicu terjadinya obesitas dalam masyarakat Indonesia saat ini adalah pola konsumsi makanan dan minuman manis. Konsumsi makanan dan minuman manis menjadi sulit dihindari karena banyak tersedia di pasaran dan mudah diakses warga. Untuk menghindari obesitas, Dr. Budi sangat menyarankan untuk mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis.


Menu Makanan untuk Penderita Obesitas

Bagi penderita obesitas, pemilihan menu makanan harus dilakukan secara tepat dan tidak boleh sembarangan. Hal terpenting dalam memilih menu makanan untuk penderita obesitas adalah yang dapat menurunkan berat badan. Meski begitu, bukan berarti penderita obesitas harus menerapkan pola makan dan diet ekstrem.

Diet yang terlalu ekstrem justru dapat menimbulkan reaksi pertahanan diri dari tubuh ketika terjadi defisit kalori. Gejalanya adalah tubuh selalu merasa lapar dan lebih malas bergerak. Para pelaku diet ekstrem yang tidak siap untuk `bertanding` jangka panjang biasanya akan gagal ketika tubuh mencapai fase ini.

"Sebenarnya, prinsip utama penurunan berat badan adalah defisit kalori (kalori yang kita asup harus lebih rendah daripada yang digunakan). Semua jenis diet yang populer untuk menurunkan berat badan prinsipnya sama, yaitu mengurangi asupan baik secara sadar (membatasi pilihan dan jumlah makanan), atau secara tidak sadar (membatasi jam makan)," jelas Hana Adisti, S. Gz., Registered Nutrisionist sekaligus Expert GueSehat.

Menurut Hana, penderita obesitas yang ingin menjalani diet pun harus memilih program diet yang tepat. Metode diet apapun kalau tidak defisit kalori (misalnya diet keto yang tidak mengonsumsi karbohidrat) tetapi secara total tetap surplus kalori, tidak akan menurunkan berat badan.

Hana juga menambahkan, menu makanan untuk penderita obesitas juga bisa disesuaikan dengan jenis diet yang dipilih. Pilihlah menu diet dan makanan yang sesuai dengan selera. Misalnya kalau suka sekali dengan nasi, ya jangan pilih diet keto. Pasalnya, diet tersebut harus dilakukan jangka panjang dan menjadi bagian dari gaya hidup. Jangan gunakan diet dengan jangka waktu tertentu. Tidak akan berhasil karena inti dari penurunan berat badan adalah perubahan gaya hidup.

Selain itu, menurut National Heart, Lung and Blood Institute, para ahli sepakat bahwa diet sehat rendah lemak, natrium, dan gula tambahan sangat baik untuk menurunkan berat badan. Daging tanpa lemak, seperti ayam, kalkun, dan ikan, dapat menggantikan daging merah berlemak. Roti gandum adalah pilihan yang lebih baik daripada produk tepung putih. Minyak sehat, seperti minyak zaitun dan minyak kanola, dapat menggantikan mentega atau margarin.

Obesitas bukanlah kondisi yang dapat dibiarkan begitu saja. Pasalnya, kondisi ini dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Karenanya, pastikan untuk selalu memilih menu makanan yang tepat. Alhasil, berat badan dapat turun dengan cara yang sehat.


https://www.guesehat.com
   
 Isikan Komentar Anda
   
Nama 
Email 
Kota 
Pesan/Komentar 
 
 
 
 
Kembali Ke Index Berita
 
 
  Situs © 2009-2019 Oleh Pejuang Islam