URL: www.pejuangislam.com
Email: editor@pejuangislam.com
 
Halaman Depan >>
 
 
Pengasuh Ribath Almurtadla Al-islami
Ustadz H. Luthfi Bashori
 Lihat Biografi
 Profil Pejuang Kaya Ide
 Imam Abad 21
 Info Asshofwah
Karya Tulis Pejuang


 
Ribath Almurtadla
Al-islami
 Pengasuh Ribath
 Amunisi Dari Tumapel
 Aktifitas Pengasuh
 Perjuangan Pengasuh
 Kalender Ribath
Pesantren Ilmu al-Quran (PIQ)
 Sekilas Profil
 Program Pendidikan
 Pelayanan Masyarakat
 Struktur Organisasi
 Pengasuh PIQ
 
Navigasi Web
Karya Tulis Santri
MP3 Ceramah
Bingkai Aktifitas
Galeri Sastra
Curhat Pengunjung
Media Global
Link Website
TV ONLINE
Kontak Kami
 
 
 Arsip Teriakan Pejuang
 
HABIB DAN KYAI JAWA TIMUR DEKLARASI 2019 DUKUNG PRABOWO 
  Penulis: Pejuang Islam  [13/1/2019]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [13/1/2019]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [13/1/2019]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [13/1/2019]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [10/1/2019]
   
 
 Book Collection
 (Klik: Karya Tulis Pejuang)
Pengarang: H. Luthfi B dan Sy. Almaliki
Musuh Besar Umat Islam
Konsep NU dan Krisis Penegakan Syariat
Dialog Tokoh-tokoh Islam
Carut Marut Wajah Kota Santri
Tanggapan Ilmiah Liberalisme
Islam vs Syiah
Paham-paham Yang Harus Diluruskan
Doa Bersama, Bahayakah?
 
 WEB STATISTIK
 
Hari ini: Selasa, 22 Januari 2019
Pukul:  
Online Sekarang: 5 users
Total Hari Ini: 271 users
Total Pengunjung: 4237034 users
 
 
Untitled Document
 PEJUANG ISLAM - MEDIA GLOBAL
 
 
7 Alasan Tersering Mengapa Gula Darah Sulit Turun 
Penulis: https://www.guesehat.com [11/1/2019]
 
7 Alasan Tersering Mengapa Gula Darah Sulit Turun


Jika Kamu penderita diabetes, atau memiliki keluarga dengan diabetes, pasti pernah merasakan sulitnya menjaga pola makan untuk menyetabilan gula darah. Pasti ada saja godaan makanan enak tinggi kalori. Padahal makanan seperti ini harus dibatasi.

Tidak ada diet yang mudah. Menurut ketua Divisi Endokrin dan Penyakit Metabolik, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, DR. dr. Dante Saksono SpPD-KEMD, pengaturan diet oleh ahli gizi untuk penderita diabetes tidak selalu bisa dijalankan oleh pasien. Diet tersebut kadang dianggap terlalu menyusahkan. Apa-apa dilarang, sehingga banyak penderita diabetes yang menyerah.

Menurut Dante, khusus bagi penderita diabetes, diet yang sukses adalah diet yang bisa menjaga berat badan normal. Jadi bukan sekadar boleh makan nasi atau tidak. “Bagi saya yang biasa menangani pasien diabetes, diet yang utama dulu adalah diet yang tidak menaikkan berat badan, lebih baik kalau bisa menurunkan. Karena banyak penderita diabetes yang sudah mengurangi nasi tetapi ngemil tetap jalan, akhirnya berat badan naik dan akibatnya sulit mengendalikan gula darah. Bagi yang prediabetes, kenaikan berat badan akan memicu diabetes lebih cepat,” jelas Dante di Jakarta, belum lama ini.  

Dengan tidak ngemil, tambah Dante, sudah memberikan kontribusi 30% dari target penurunan gula darah. Hal ini karena mengurangi ngemil setara dengan mengurangi 40% kalori dalam sehari. Jika sudah berhasil menghindari ngemil, harusnya penderita diabetes tidak lagi beralasan gagal diet.

Dilansir dari dlife.com, inilah alasan yang paling kerap disampaikan penderita diabetes tentang kegagalan dietnya dan menyebabkan gula darah tetap tinggi:
 

1. Hanya doyan sayuran bertepung seperti jagung dan kentang

Meskipun digolongkan ke dalam keluarga sayuran, jagung dan kentang mengandung karbohidrat. Maka jika penderita diabetes hanya suka dua jenis sayuran ini, sebaiknya berpikir ulang. Perluas makan sayuran yang tidak mengandung tepung, seperti sayuran berwarna hijau. Mungkin awalnya Kamu tidak suka zucchini, tomat, jamur atau asparagus. Tetapi jika lidah terus dilatih, lama-lama akan terbiasa.

Lambat laun Kamu bahkan bisa sangat menyukainya. Tambahkan perasa seperti minyak zaitun atau memasak dengan cara memanggangnya dan beri sedikit garam dan lada. Dijamin Kamu ketagihan.


2. Lupa cek gula darah 2 jam setelah makan

Gula darah postprandial atau dua jam setelah makan sangat penting untuk memberikan informasi seberapa bagus Kamu mampu mengendalikan gula darah setelah makan. Dengan tidak mengukur gula darah setelah makan, Kamu tidak akan tahu jika angkanya melonjak tinggi, meskipun sebelum makan gula darah Kamu normal.

Kamu bisa menggunakan bantuan teknologi agar tidak kelupaan. Alat pengukur gula darah saat ini sudah bisa memberikan peringatan kapan harus cek gula darah. Kamu juga bisa memanfaatkan alarm telepon genggam sebagai pengingat.

 
3. Sulit menolak jamuan di pesta atau ketika bertamu

Jangan malu atau ragu berterus terang bahwa Kamu penderita diabetes saat teman menawarkan makan. Tolak dengan halus jika terhidang pie apel, cake, atau es krim dengan saus karamel. Lebih baik ambil hidangan yang aman seperti sayuran dan buah-buahan. Sebaiknya Kamu membawa sendiri makanan dari rumah.


4. Karena sudah minum obat diabetes, maka boleh makan apa saja!

Ini juga kesalahan yang sering terjadi. Obat memang dapat membantu menurunkan gula darah, tetapi bukan berarti Kamu bebas makan apa saja sesudah minum obat. Ingat ya bahwa tiga prinsip mengelola gula darah adalah diet seimbang, minum obat antidiabetes teratur dan rutin berolahraga atau minimal berakivitas fisik. Penurunan gula darah akan semakin optimal jika Kamu melakukan ketiganya.

 
5. Hidup terlalu singkat, kapan lagi menikmati makanan enak?

Penderita diabetes sangat boleh makan enak namun tetap sehat. Cukup dengan membatasi saja porsinya. Sayangnya kebanyakan penderita diabetes tidak mau mengubah pola makannya, karena merasa hidup harus bergembira tanpa dibatasi ini itu, termasuk dalam soal makan.

Padahal dengan mengabaikan kondisi diabetes, diabetes tidak akan memberikan ampun kepada Kamu! Ancaman komplikasi itu nyata dan dapat terjadi pada siapa saja yang terus menggabaikan gula darahnya tinggi. Kamu bisa menikmati hidup meskipun menderita diabetes. Bukankah bersenang-senang tidak hanya soal makan enak saja?


6. Sibuk mengurusi keluarga sehingga tidak ada waktu mengurus diri sendiri

Alasan ini paling kerap dikatakan ibu rumah tangga yang juga seorang penderita diabetes. Ingat ya Mums, keluarga tidak akan sehat kalau Mums juga sakit. Diabetes bisa menghilangkan kesempatan Mums mengurus anak dan suami dengan benar. Jaga kesehatan Mums, ingat bahwa ibu rumah tangga ibarat pilot pesawat terbang. Bagaimana akan menyelamatkan penumpang jika pilotnya sudah kehabisan oksigen duluan?

 
7. Pengguna insulin terlalu percaya diri gula darahnya selalu baik

Pengguna insulin mungkin selalu mendapatkan raport baik saat pengukuran HbA1c setiap 3 bulan sekali. Akhirnya mereka tidak termotivasi lagi menjaga pola makan. Dua dari tiga penderita diabetes meninggal karena komplikasi penyakit jantung dan pembuluh darah. Dan HbA1c yang baik tak mampu melindungi Kamu dari komplikasi ini. Pengguna insulin tetap dianjurkan menjalankan diet seimbang tanpa melihat nilai HbA1c, demi kesehatan jangka panjang.

Nah sekarang sudah paham kan kesalahan yang dilakukan mengapa gula darah selalu tinggi? Diabesfriend apakah kerap melakukan salah satu atau lebih dari ketujuh alasan tadi? Mulai sekarang jangan membuat alasan lagi ya?


https://www.guesehat.com
   
 Isikan Komentar Anda
   
Nama 
Email 
Kota 
Pesan/Komentar 
 
 
 
 
Kembali Ke Index Berita
 
 
  Situs © 2009-2019 Oleh Pejuang Islam