URL: www.pejuangislam.com
Email: editor@pejuangislam.com
 
Halaman Depan >>
 
 
Pengasuh Ribath Almurtadla Al-islami
Ustadz H. Luthfi Bashori
 Lihat Biografi
 Profil Pejuang Kaya Ide
 Imam Abad 21
 Info Asshofwah
Karya Tulis Pejuang


 
Ribath Almurtadla
Al-islami
 Pengasuh Ribath
 Amunisi Dari Tumapel
 Aktifitas Pengasuh
 Perjuangan Pengasuh
 Kalender Ribath
Pesantren Ilmu al-Quran (PIQ)
 Sekilas Profil
 Program Pendidikan
 Pelayanan Masyarakat
 Struktur Organisasi
 Pengasuh PIQ
 
Navigasi Web
Karya Tulis Santri
MP3 Ceramah
Bingkai Aktifitas
Galeri Sastra
Curhat Pengunjung
Media Global
Link Website
TV ONLINE
Kontak Kami
 
 
 Arsip Teriakan Pejuang
 
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [7/11/2018]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [7/11/2018]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [7/11/2018]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [7/11/2018]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [7/11/2018]
   
 
 Book Collection
 (Klik: Karya Tulis Pejuang)
Pengarang: H. Luthfi B dan Sy. Almaliki
Musuh Besar Umat Islam
Konsep NU dan Krisis Penegakan Syariat
Dialog Tokoh-tokoh Islam
Carut Marut Wajah Kota Santri
Tanggapan Ilmiah Liberalisme
Islam vs Syiah
Paham-paham Yang Harus Diluruskan
Doa Bersama, Bahayakah?
 
 WEB STATISTIK
 
Hari ini: Jumat, 16 November 2018
Pukul:  
Online Sekarang: 7 users
Total Hari Ini: 289 users
Total Pengunjung: 4149827 users
 
 
Untitled Document
 PEJUANG ISLAM - MEDIA GLOBAL
 
 
Pelupa? Kira-kira Apa Penyebabnya? 
Penulis: https://www.guesehat.com [30/10/2018]
 
Pelupa? Kira-kira Apa Penyebabnya?


Kita tentu pernah lupa, entah itu lupa meletakkan sesuatu, janji, ataupun hal-hal lainnya berhubungan dengan kehidupan kita sehari-hari. Namun, pernahkah Kamu bertanya-tanya, sebenarnya kenapa ya kita bisa tiba-tiba lupa?  “Meski lupa sering kali dikaitkan dengan faktor usia, namun lupa sebenarnya dapat terjadi pada semua orang, dari yang muda hingga yang tua,” ujar dr. Adam Gazzaley, Ph.D yang juga merupakan pendiri dari Neuroscience Imaging Center di University of California, Amerika Serikat, seperti dilansir dari WebMD. 

Otak merupakan rangkaian jaringan yang terbagi menjadi beberapa area dan saling berkomunikasi satu sama lain. “Saat Kamu mencoba untuk mengingat sesuatu, otak akan membentuk sebuah jaringan baru. Masalah pada memori seperti lupa ini terjadi saat ada jeda pada jaringan tersebut,” jelas dr. Adam.

Lalu, apa sih yang menyebabkan jeda tersebut? Intervensi akan mengganggu kemampuan kita untuk fokus. Intervensi ini dapat berupa apapun, mulai dari dering telepon hingga obrolan atau pikiran kita sendiri. “Kami menemukan bahwa saat seseorang terpapar gangguan, kemampuan mereka untuk mengingat informasi, bahkan dalam waktu yang sangat singkat dapat menurun secara signifikan,” papar dr. Adam Gazzaley.

Selain itu, diungkapkan dr. Adam, saat kita melupakan sesuatu yang dianggap penting, sebenarnya kita tidak benar-benar menganggap itu hal penting, Gengs. “Kita hanya akan fokus pada hal yang menarik dan membuat otak tidak dapat berkonsentrasi mengingat sesuatu yang penting itu,” jelasnya.

Bagaimana Cara Mencegah Lupa?

Beberapa orang mungkin bisa mempertahankan kinerja jaringan di otak saat menghadapi gangguan. “Makanya kami melakukan penelitian saat ini, apa yang menyebabkan perbedaan memori pada masing-masing individu,” tutur pendiri dari Neuroscience Imaging Center di University of California.

Untuk mengurangi terlalu sering lupa, terutama bagi yang mulai tergangggu dengan kebiasaan ini, cobalah untuk menghindari gangguan. “Belajar untuk fokus pada hal atau tugas yang sedang dilakukan, dan menghindari gangguan sampai tugas selesai,” ungkap dr. Adam.

Jadi, saat sedang menulis daftar belanjaan di dapur, cobalah untuk fokus menulis dan jangan langsung menjawab obrolan di aplikasi percakapan online.  Dijelaskan lagi oleh dr. Adam, kita juga perlu melatih otak untuk mengingat informasi agar tidak mudah lupa, Gengs.  Misalnya, belanja bulanan dengan mengingat, tanpa membawa daftar belanjaan. “Otak kita memiliki kelenturan atau kemampuan untuk menjadi lebih baik saat diberikan tantangan," jelasnya.

Sedangkan, kalau Kamu sering kali lupa mengingat sesuatu yang sebenarnya penting, seperti nama klien atau lokasi, dr. Adam menyarankan untuk fokus dan selalu mengingat-ingat hal tersebut. “Saat bertemu orang baru misalnya, cobalah untuk benar-benar memperhatikan namanya, dan kemudian ulangi nama untuk mengingat kembali informasi tersebut di otak,” paparnya.

Nah, dari penjelasan di atas, lupa bisa terjadi karena adanya gangguan atau saat kita tidak fokus, Gengs. Makanya nih, untuk mencegah lupa, cobalah untuk fokus dan lebih memperhatikan sesuatu yang dianggap penting atau lawan bicara, misalnya. Selain itu, sesekali juga perlu menantang diri untuk terbiasa mengingat sesuatu tanpa bantuan apapun.


https://www.guesehat.com
   
 Isikan Komentar Anda
   
Nama 
Email 
Kota 
Pesan/Komentar 
 
 
 
 
Kembali Ke Index Berita
 
 
  Situs © 2009-2018 Oleh Pejuang Islam