URL: www.pejuangislam.com
Email: editor@pejuangislam.com
 
Halaman Depan >>
 
 
Pengasuh Ribath Almurtadla Al-islami
Ustadz H. Luthfi Bashori
 Lihat Biografi
 Profil Pejuang Kaya Ide
 Imam Abad 21
 Info Asshofwah
Karya Tulis Pejuang


 
Ribath Almurtadla
Al-islami
 Pengasuh Ribath
 Amunisi Dari Tumapel
 Aktifitas Pengasuh
 Perjuangan Pengasuh
 Kalender Ribath
Pesantren Ilmu al-Quran (PIQ)
 Sekilas Profil
 Program Pendidikan
 Pelayanan Masyarakat
 Struktur Organisasi
 Pengasuh PIQ
 
Navigasi Web
Karya Tulis Santri
MP3 Ceramah
Bingkai Aktifitas
Galeri Sastra
Curhat Pengunjung
Media Global
Link Website
TV ONLINE
Kontak Kami
 
 
 Arsip Teriakan Pejuang
 
IMAN SIAPAKAH YANG TELAH MERASUK DALAM TULANG SUMSUM ? 
  Penulis: Pejuang Islam  [11/10/2018]
   
SY. ABU UBAIDAH BIN AL-JARRAH KESAYANGAN RASULULLAH SAW 
  Penulis: Pejuang Islam  [10/10/2018]
   
KRITERIA IMAM SHALAT BERJAMAAH YANG DIANJURKAN 
  Penulis: Pejuang Islam  [8/10/2018]
   
SANG PEMUDA BERILMU YANG TERHORMAT ITU, SY. ABDULLAH BIN ABBAS RA 
  Penulis: Pejuang Islam  [6/10/2018]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [6/10/2018]
   
 
 Book Collection
 (Klik: Karya Tulis Pejuang)
Pengarang: H. Luthfi B dan Sy. Almaliki
Musuh Besar Umat Islam
Konsep NU dan Krisis Penegakan Syariat
Dialog Tokoh-tokoh Islam
Carut Marut Wajah Kota Santri
Tanggapan Ilmiah Liberalisme
Islam vs Syiah
Paham-paham Yang Harus Diluruskan
Doa Bersama, Bahayakah?
 
 WEB STATISTIK
 
Hari ini: Selasa, 16 Oktober 2018
Pukul:  
Online Sekarang: 9 users
Total Hari Ini: 322 users
Total Pengunjung: 4106178 users
 
 
Untitled Document
 PEJUANG ISLAM - MEDIA GLOBAL
 
 
9 Barang yang Harus Dimiliki jika Kamu Alergi 
Penulis: https://www.guesehat.com [7/10/2018]
 
9 Barang yang Harus Dimiliki jika Kamu Alergi


Setiap orang berisiko menderita alergi, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Terlebih jika telah memiliki riwayat alergi dari orang tua, maka diperlukan deteksi dini dan mengetahui apa saja yang perlu dilakukan agar alergi tidak semakin parah.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mencegah alergi sudah pasti dengan menghindari segala pencetusnya, seperti makanan pemicu alergi, tidak pergi keluar rumah saat udara dingin, memilih mandi air hangat saat udara dingin, serta selalu menyediakan obat untuk mengatasi gejala alergi.

Nah, sediakan barang-barang pendukung ini agar alergi tidak semakin buruk, seperti dikutip dari webmd.com.


1. Obat Tetes Mata

  Biasanya alergi menyebabkan mata merah, berair, dan gatal. Semua kondisi tersebut tentu sangat mengganggu, terlebih jika sedang beraktivitas di luar. Untuk itu, selalu sediakan obat tetes mata di tas agar gejala tersebut dapat cepat disembuhkan. Sebaiknya, pilihlah obat tetes mata yang mengandung antihistamin atau ketotifen. Apabila mata membengkak dan membuat tidak nyaman, segera konsultasikan kepada dokter untuk perawatan lebih lanjut.


2. Dekongestan

  Jika alergi membuatmu susah bernapas karena hidung tersumbat atau berair, sebaiknya selalu sediakan dekongestan di tasmu. Dekongestan merupakan obat untuk membuka saluran pernapasan yang tersumbat dalam waktu singkat. Pilihlah dekongestan yang mengandung antihistamin, karena pada sebagian orang dapat membantu meredakan reaksi alergi dengan cepat. Namun apabila Kamu memiliki masalah kesehatan, misalnya tekanan darah tinggi (hipertensi), glukoma, maupun penyakit tiroid, sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter sebelum menggunakan obat ini.


3. Obat Semprotan Hidung

  Beberapa jenis alergi mungkin akan menimbulkan gejala hidung kering. Apabila Kamu mengalami hal ini, cobalah untuk melembapkannya dengan semprotan hidung yang mengandung dekongestan. Namun, sebaiknya jangan gunakan alat ini lebih dari 3 hari berturut-turut, karena bisa jadi gejalanya semakin buruk.


4. Antihistamin

  Obat ini memang diresepkan untuk mengurangi gejala alergi. Histamin sendiri merupakan suatu zat yang terbentuk saat sistem kekebalan tubuh melawan zat yang sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh. Namun, obat ini tidak dijual bebas di pasaran, melainkan harus menggunakan resep dokter. Adapun jenis obat untuk alergi yang lainnya adalah desloratadine, fexofenadine, levocetirizine, cetirizine, dan loratidine. Sayangnya, semua jenis obat tersebut membuat konsumennya mudah mengantuk. Sebaiknya, hubungi dokter terlebih dulu untuk menentukan obat alergi yang cocok.


5. Bronkodilator

  Apabila Kamu menderita asma, entah asma karena alergi atau penyakit asma saja, tentu sudah tidak asing dengan inhaler atau yang disebut juga sebagai bronkodilator. Obat semprot ini meredakan gejala asma dengan cepat. Jika alergimu disertai asma, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter, agar mendapatkan obat ini.


6. Epinefrin

  Tahukah Kamu bahwa ada jenis alergi yang cukup berbahaya, karena sangat cepat berkembang dan berisiko tinggi akan kematian? Jenis alergi tersebut dikenal sebagai alergi anafilaksis. Untung saja jenis alergi ini termasuk yang jarang ditemukan. Apabila Kamu menderita alergi ini, sebaiknya selalu sediakan epinefrin berbentuk suntikan, agar gejalanya dapat segera ditangani. Konsultasikan dengan dokter terlebih dulu untuk memastikan jenis alergimu. Mintalah bantuan dokter untuk memberitahu cara menggunakan epinefrin dengan benar.


7. Krim dan Losion

  Selalu sediakan krim pelembap, losion, atau salep yang mengandung hidrokortison untuk kulit. Dapatkan jenis obat tersebut dari dokter maupun apoteker. Kemudian, gunakan krim untuk melembapkan kulit yang kering dan gatal, serta gunakan salep hidrokortison untuk meredakan peradangan yang terjadi. Namun apabila gejala semakin serius, misalnye mengalami eksem, segera konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan perawatan medis.


8. Informasi Medis

  Sebaiknya selalu bawa informasi medis, misalnya berupa kartu yang memuat segala informasi tentang kesehatanmu. Di dalam kartu dapat disebutkan jenis alergi apa yang Kamu derita, nama dokter yang menangani dan nomor teleponnya, informasi kontak darurat, serta informasi asuransi kesehatan. Hal ini sangat membantu ketika Kamu membutuhkan bantuan ketika alergi kambuh.


9. Sarung Bantal Bersih

  Apabila Kamu memiliki alergi pada tungau debu dan sering melakukan perjalanan jauh, sebaiknya selalu bawa sarung bantal dan seprai pribadi yang bersih.


Apabila Kamu sudah memiliki semua alat pendukung di atas, sebaiknya kemas dalam satu tas agar tidak tertinggal saat bepergian keluar rumah. Kemudian, selalu periksa kualitas obat dengan membaca ketentuan penyimpanan hingga tanggal kedaluwarsanya.


https://www.guesehat.com
   
 Isikan Komentar Anda
   
Nama 
Email 
Kota 
Pesan/Komentar 
 
 
 
 
Kembali Ke Index Berita
 
 
  Situs © 2009-2018 Oleh Pejuang Islam