URL: www.pejuangislam.com
Email: editor@pejuangislam.com
 
Halaman Depan >>
 
 
Pengasuh Ribath Almurtadla Al-islami
Ustadz H. Luthfi Bashori
 Lihat Biografi
 Profil Pejuang Kaya Ide
 Imam Abad 21
 Info Asshofwah
Karya Tulis Pejuang


 
Ribath Almurtadla
Al-islami
 Pengasuh Ribath
 Amunisi Dari Tumapel
 Aktifitas Pengasuh
 Perjuangan Pengasuh
 Kalender Ribath
Pesantren Ilmu al-Quran (PIQ)
 Sekilas Profil
 Program Pendidikan
 Pelayanan Masyarakat
 Struktur Organisasi
 Pengasuh PIQ
 
Navigasi Web
Karya Tulis Santri
MP3 Ceramah
Bingkai Aktifitas
Galeri Sastra
Curhat Pengunjung
Media Global
Link Website
TV ONLINE
Kontak Kami
 
 
 Arsip Teriakan Pejuang
 
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [7/11/2018]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [7/11/2018]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [7/11/2018]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [7/11/2018]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [7/11/2018]
   
 
 Book Collection
 (Klik: Karya Tulis Pejuang)
Pengarang: H. Luthfi B dan Sy. Almaliki
Musuh Besar Umat Islam
Konsep NU dan Krisis Penegakan Syariat
Dialog Tokoh-tokoh Islam
Carut Marut Wajah Kota Santri
Tanggapan Ilmiah Liberalisme
Islam vs Syiah
Paham-paham Yang Harus Diluruskan
Doa Bersama, Bahayakah?
 
 WEB STATISTIK
 
Hari ini: Jumat, 16 November 2018
Pukul:  
Online Sekarang: 10 users
Total Hari Ini: 324 users
Total Pengunjung: 4149892 users
 
 
Untitled Document
 PEJUANG ISLAM - MEDIA GLOBAL
 
 
Rumah yang Rapi dan Tertata Berdampak Baik terhadap Kesehatan 
Penulis: https://www.guesehat.com [11/9/2018]
 
Rumah yang Rapi dan Tertata Berdampak Baik terhadap Kesehatan


Merapikan rumah memang melelahkan, tetapi ternyata kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kesehatan Kamu lho, Gengs! “Merapikan rumah membuat Kamu punya waktu untuk dirimu sendiri serta memiliki hidup yang seimbang,” jelas Eva Selhub, M.D., pengarang Your Health Destiny: How to Unlock Your Natural Ability to Overcome Illness, Feel Better, and Live Longer.

Rumah yang berantakan memang bisa berdampak buruk bagi kesehatan, baik fisik maupun mental. IKEA, toko yang menghadirkan rangkaian perabot rumah tangga asal Swedia, memaparkan bahwa sebanyak 60% keluarga Indonesia yang tinggal bersama anaknya mengungkapkan kalau penyebab utama argumentasi di rumah diakibatkan oleh barang yang berserakan.
 
Karenanya, jadikan sesi merapikan rumah sebagai kebiasaan sehari-hari. Sebab dilansir dari shape.com, selain bermanfaat bagi kesehatan, merapikan rumah juga bisa meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain, bahkan meningkatkan performa kerja! Masih belum percaya? Yuk, cek penjelasan selengkapnya di bawah ini!

 
1. Meredakan Stres dan Depresi

Berdasarkan studi dalam Personality and Social Psychology Bulletin, para wanita yang mendeskripsikan rumah mereka berantakan atau penuh dengan projek yang belum selesai, disebut-sebut lebih depresi, kelelahan, dan memiliki kadar hormon stres kortisol yang lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang merasa rumahnya nyaman dan rapi.

Maka tidak heran ketika Kamu pulang dan melihat rumah tidak rapi, Kamu akan semakin stres. Ini tentunya akan mengganggu mood, pola tidur, kesehatan, dan yang lainnya. Sediakan waktu untuk merapikan rumah agar Kamu lebih rileks dan bahagia.


2. Jadi Makan Sehat

Orang-orang yang bekerja di ruangan yang bersih 2 kali lipat cenderung memilih mengonsumsi apel daripada cokelat, daripada orang-orang yang bekerja di ruangan yang berantakan. Keterangan ini didapatkan melalui studi dalam jurnal Psychological Science. “Ketidakrapian dapat membuat otak stres. Jadi, mekanisme tubuh cenderung memilih makanan yang memberi efek menenangkan atau makan berlebihan daripada ketika berada di ruang yang rapi,” ucap dr. Selhub.

 
3. Meningkatkan Kualitas Hubungan

Hubungan bahagia dengan pasangan dan teman-teman adalah kunci untuk menghindari depresi serta penyakit. Namun, hidup yang tidak teratur akan membuat hubungan memburuk. “Bagi pasangan, ketidakrapian akan menciptakan ketegangan dan konflik,” jelas dr. Selhub.

Rumah yang berantakan juga membuat Kamu kesulitan mengundang orang-orang. Ketidakrapian, tambah dr. Selhub, akan menimbulkan rasa malu serta menciptakan batasan fisik dan emosi di sekitarmu. Alhasil, Kamu jadi mencegah orang lain masuk ke dalam kehidupanmu.

 
4. Meningkatkan Produktivitas

Ketidakrapian akan mengganggu, dan penelitian mengonfirmasi bahwa itu dapat berdampak pada kemampuanmu untuk fokus terhadap sesuatu. Pasalnya, melihat terlalu banyak objek dalam satu waktu akan membebani korteks visualmu dan menginterfensi kemampuan otak untuk memproses informasi, seperti dikutip dari laporan Journal of Neuroscience.

Ketika ruangan rapi, Kamu jadi lebih produktif dan efisien. Kamu pun mampu menyelesaikan segala pekerjaan tepat waktu. Kemudian, Kamu jadi bisa mengalokasikan waktu ke hal-hal positif lainnya, seperti berolahraga, menyiapkan makanan sehat, relaksasi, dan tidur lebih banyak.


5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dokter Selhub menyebutkan, ketika Kamu rapi, Kamu akan lebih mudah membuat perencanaan menu makanan, menyuplai makanan bergizi, serta menyiapkan buah dan sayur. Jika keadaan di sekitarmu tidak rapi dan jadwal hidupmu berantakan, Kamu jadi mau tidak mau memilih makanan cepat saji, yang tentunya dapat berujung mengalami obesitas.

 
6. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Semakin rapi maka semakin sedikit pula stres yang dialami, sehingga makin mudah pula Kamu tidur. Berdasarkan survei dari National Sleep Foundation, 75% orang memiliki kualitas tidur yang baik jika tempat tidurnya bersih dan nyaman.

Selain rajin merapikan rumah, Geng Sehat juga harus pintar menata setiap barang agar seluruh sudut ruangan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Karena setiap rumah berbeda-beda kondisi dan kebutuhannya, IKEA pun meluncurkan katalog terbarunya dengan tema “Merayakan Kebutuhan yang Berbeda”. Di dalam katalog tersebut berisi banyak produk dengan harga yang terjangkau, inspirasi, dan solusi baru untuk kebutuhan rumah masyarakat Indonesia.

 Menurut Eliza Fazia, Country Marketing Manager IKEA Indonesia, katalog terbaru ini juga menyertakan 85 produk buatan Indonesia. “Negara kita saat ini sudah bisa memproduksi barang-barang yang kualitasnya mampu disejajarkan dengan barang-barang buatan luar negeri. Delapan puluh lima produk tersebut tidak hanya dijual di sini, melainkan juga di IKEA negara-negara lain,” jelasnya.

Nah, segera rapikan dan tata rumah Geng Sehat sebaik mungkin. Jadikan ini sebuah kebiasaan, supaya tetap sehat, baik secara fisik maupun mental, serta menghadirkan kenyamanan dan ketenangan di dalam keluarga.


https://www.guesehat.com
   
 Isikan Komentar Anda
   
Nama 
Email 
Kota 
Pesan/Komentar 
 
 
 
 
Kembali Ke Index Berita
 
 
  Situs © 2009-2018 Oleh Pejuang Islam