URL: www.pejuangislam.com
Email: editor@pejuangislam.com
 
Halaman Depan >>
 
 
Pengasuh Ribath Almurtadla Al-islami
Ustadz H. Luthfi Bashori
 Lihat Biografi
 Profil Pejuang Kaya Ide
 Imam Abad 21
 Info Asshofwah
Karya Tulis Pejuang


 
Ribath Almurtadla
Al-islami
 Pengasuh Ribath
 Amunisi Dari Tumapel
 Aktifitas Pengasuh
 Perjuangan Pengasuh
 Kalender Ribath
Pesantren Ilmu al-Quran (PIQ)
 Sekilas Profil
 Program Pendidikan
 Pelayanan Masyarakat
 Struktur Organisasi
 Pengasuh PIQ
 
Navigasi Web
Karya Tulis Santri
MP3 Ceramah
Bingkai Aktifitas
Galeri Sastra
Curhat Pengunjung
Media Global
Link Website
TV ONLINE
Kontak Kami
 
 
 Arsip Teriakan Pejuang
 
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [7/12/2018]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [7/12/2018]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [7/12/2018]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [7/12/2018]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [2/12/2018]
   
 
 Book Collection
 (Klik: Karya Tulis Pejuang)
Pengarang: H. Luthfi B dan Sy. Almaliki
Musuh Besar Umat Islam
Konsep NU dan Krisis Penegakan Syariat
Dialog Tokoh-tokoh Islam
Carut Marut Wajah Kota Santri
Tanggapan Ilmiah Liberalisme
Islam vs Syiah
Paham-paham Yang Harus Diluruskan
Doa Bersama, Bahayakah?
 
 WEB STATISTIK
 
Hari ini: Rabu, 19 Desember 2018
Pukul:  
Online Sekarang: 8 users
Total Hari Ini: 284 users
Total Pengunjung: 4197486 users
 
 
Untitled Document
 PEJUANG ISLAM - MEDIA GLOBAL
 
 
Konsumsi Suplemen Setiap Hari, Adakah Bahayanya? 
Penulis: https://www.klikdokter.com [24/7/2018]
 
Konsumsi Suplemen Setiap Hari, Adakah Bahayanya?


Mengonsumsi suplemen setiap hari menjadi hal yang lazim bagi sebagian orang. Salah satu alasannya adalah untuk menjaga agar kondisi tubuh tetap prima. Namun sebenarnya, apakah tindakan ini aman bagi kesehatan?

Ditinjau dari segi medis, suplemen merupakan bahan tambahan yang berfungsi untuk melengkapi atau meningkatkan sesuatu yang sebenarnya sudah tersedia. Dalam konteks ini, yang dimaksud dengan suplemen adalah tambahan zat gizi tertentu–seperti vitamin dan mineral.
Yuk, kenali manfaat suplemen

Awalnya, suplemen bertujuan untuk memenuhi zat gizi yang tidak didapatkan dari makanan sehari-hari. Contohnya, bagi wanita yang tidak dapat mengonsumsi susu, maka ia bisa mengonsumsi suplemen berisi kalsium.

Contoh lain, misalnya pada pekerja kantoran yang sangat sibuk dan tidak sempat mengonsumsi buah-buahan. Maka untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian, mereka dapat mengonsumsi suplemen yang berisi vitamin tertentu.

Jadi, pada dasarnya, suplemen hanya diberikan kepada orang yang tidak dapat memenuhi kebutuhan gizi harian karena alasan tertentu. Bukan sebagai pengganti makanan atau obat-obatan yang diberikan oleh dokter.

Sudah banyak studi yang dilakukan untuk menilai apakah konsumsi suplemen setiap hari aman bagi kesehatan. Akan tetapi, hanya ada segelintir penelitian yang dapat dipercaya.

Salah satu studi yang dapat dipercaya datang dari Physician Health Study II. Pada studi ini, dokter ditunjuk sebagai respondennya. Dokter-dokter ini dibagi menjadi dua kelompok, yang satu diberikan multivitamin setiap hari selama satu dekade, dan yang satunya hanya diberikan plasebo (obat kosong) saja.

Setelah dilakukan pengkajian secara menyeluruh, ternyata kelompok yang mengonsumsi suplemen mengalami penurunan kejadian kanker dan katarak. Sedangkan terkait penurunan risiko penyakit, misalnya jantung, tidak terdapat perbedaan signifikan di antara kedua kelompok tersebut.

Berdasarkan hasil itu, dapat disimpulkan bahwa sesungguhnya mengonsumsi suplemen multivitamin setiap hari tidak berbahaya bagi kesehatan. Tindakan ini justru menguntungkan. Tapi perlu dicatat, suplemen bukanlah obat untuk mencegah dan mengobati jenis penyakit tertentu.

Selain itu, hal lain yang juga perlu Anda perhatikan adalah jangan sampai peran penting makanan bergizi seperti sayuran dan buah-buahan tergantikan oleh suplemen. Karena pada dasarnya, sumber gizi yang bersifat alami dan berasal dari makanan lebih baik daripada yang didapatkan dari suplemen. Jadi, jika melalui makanan sehari-hari segala kebutuhan gizi seperti vitamin dan mineral dapat terpenuhi, Anda tidak perlu mengonsumsi suplemen, apalagi yang harganya mahal.

Secara keseluruhan, konsumsi suplemen seperti multivitamin dan lainnya merupakan tindakan yang aman. Namun, hal ini tidak serta-merta membuat Anda lebih sehat daripada tidak mengonsumsi suplemen sama sekali. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk tidak mengandalkan suplemen. Akan lebih baik jika Anda menerapkan gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang, serta berolahraga secara rutin dan teratur.

https://www.klikdokter.com
   
 Isikan Komentar Anda
   
Nama 
Email 
Kota 
Pesan/Komentar 
 
 
 
 
Kembali Ke Index Berita
 
 
  Situs © 2009-2018 Oleh Pejuang Islam