URL: www.pejuangislam.com
Email: editor@pejuangislam.com
 
Halaman Depan >>
 
 
Pengasuh Ribath Almurtadla Al-islami
Ustadz H. Luthfi Bashori
 Lihat Biografi
 Profil Pejuang Kaya Ide
 Imam Abad 21
 Info Asshofwah
Karya Tulis Pejuang


 
Ribath Almurtadla
Al-islami
 Pengasuh Ribath
 Amunisi Dari Tumapel
 Aktifitas Pengasuh
 Perjuangan Pengasuh
 Kalender Ribath
Pesantren Ilmu al-Quran (PIQ)
 Sekilas Profil
 Program Pendidikan
 Pelayanan Masyarakat
 Struktur Organisasi
 Pengasuh PIQ
 
Navigasi Web
Karya Tulis Santri
MP3 Ceramah
Bingkai Aktifitas
Galeri Sastra
Curhat Pengunjung
Media Global
Link Website
TV ONLINE
Kontak Kami
 
 
 Arsip Teriakan Pejuang
 
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [24/5/2018]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [24/5/2018]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [23/5/2018]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [22/5/2018]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [22/5/2018]
   
 
 Book Collection
 (Klik: Karya Tulis Pejuang)
Pengarang: H. Luthfi B dan Sy. Almaliki
Musuh Besar Umat Islam
Konsep NU dan Krisis Penegakan Syariat
Dialog Tokoh-tokoh Islam
Carut Marut Wajah Kota Santri
Tanggapan Ilmiah Liberalisme
Islam vs Syiah
Paham-paham Yang Harus Diluruskan
Doa Bersama, Bahayakah?
 
 WEB STATISTIK
 
Hari ini: Minggu, 27 Mei 2018
Pukul:  
Online Sekarang: 6 users
Total Hari Ini: 75 users
Total Pengunjung: 3910933 users
 
 
Untitled Document
 PEJUANG ISLAM - MEDIA GLOBAL
 
 
4 Suplemen Terbaik Saat Bulan Puasa 
Penulis: https://www.klikdokter.com [16/5/2018]
 
4 Suplemen Terbaik Saat Bulan Puasa


Bulan Ramadan adalah bulan yang dinanti oleh setiap umat muslim di dunia. Sepanjang bulan ini, umat Islam menjalankan ibadah puasa selama kurang lebih 13 jam setiap harinya, hingga sekitar 30 hari lamanya. Bagi Anda yang sangat sibuk atau ragu akan terpenuhinya nutrisi yang dibutuhkan saat berpuasa, konsumsi suplemen bisa dipertimbangkan. Namun, apa jenis suplemen yang terbaik?

Tak dapat dimungkiri, selama bulan puasa tubuh rentan kekurangan zat gizi. Pasalnya, waktu untuk mendapatkan asupan nutrisi jadi terbatas. Sebagai sumber energi saat berpuasa, tubuh akan menggunakan cadangan karbohidrat dan lemak yang tersimpan dalam hati dan otot. Selain itu, untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, kedua ginjal akan berusaha menahan cairan dengan mengurangi frekuensi dan volume buang air kecil.
Meski demikian, tubuh tetap tidak dapat menghindari kehilangan cairan melalui keringat, uap air saat bernapas atau berbicara. Tak hanya ancaman kekurangan energi dan cairan saja, tubuh pun rentan kekurangan mikronutrien, yaitu vitamin dan mineral.

Untuk menyiasati kemungkinan kekurangan berbagai zat gizi tersebut, Anda dapat mengonsumsi suplemen kesehatan. Jenis suplemen yang dipilih pun tentu harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tubuh. Berikut ini adalah beberapa jenis suplemen yang baik untuk dikonsumsi selama bulan puasa:

1. Suplemen yang mengandung vitamin C

Bila Anda adalah pribadi yang sibuk dan memiliki banyak kegiatan selama bulan puasa, Anda dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit. Anda dapat memilih suplemen yang mengandung vitamin C dengan dosis 500-1000 mg. Bila Anda khawatir akan efek mual dan rasa tidak nyaman di perut setelah konsumsi suplemen vitamin C, Anda dapat mengonsumsinya setelah berbuka puasa.

2. Suplemen yang mengandung multivitamin

Tidak hanya vitamin C, Anda juga memerlukan berbagai vitamin lainnya seperti vitamin B1, B6, dan B12. Untuk mencukupi kebutuhan akan beragam vitamin ini, Anda dapat mengonsumsi suplemen dengan kandungan multivitamin yang lengkap. Vitamin merupakan mikronutrien yang diperlukan dalam jumlah sedikit tetapi sangat penting bagi tubuh. Sama halnya dengan vitamin C, Anda dapat mengonsumsinya setelah berbuka puasa untuk mengurangi efek mual.

3. Suplemen yang mengandung mineral

Mineral memiliki peran penting bagi tubuh. Mineral seperti zink, magnesium, selenium, kalsium, dan fosfor, semuanya penting untuk menjaga kelangsungan berbagai jalur metabolisme dalam tubuh. Tanpa mineral-mineral tersebut, metabolisme tidak akan berjalan baik. Akibatnya, tubuh pun akan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, Anda harus memastikan asupan mineral tetap terjaga selama bulan puasa. Jangan lupa untuk memperhatikan kandungan dalam suplemen dan pastikan mineral yang terkandung di dalamnya lengkap dan seimbang.

4. Suplemen yang mengandung asam lemak esensial

Satu hal yang juga tidak boleh terlewatkan adalah asupan asam lemak. Asam lemak esensial seperti omega-3 sangat penting bagi tubuh untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. American Heart Association menganjurkan setiap orang mengonsumsi asam lemak esensial omega-3 setidaknya 100 gram sebanyak dua kali seminggu. Untuk mencapai jumlah tersebut, Anda dapat mengonsumsi ikan atau suplemen yang mengandung minyak ikan.

Apakah semua jenis suplemen tersebut harus dikonsumsi sekaligus selama bulan puasa? Tentu tidak. Untuk menentukannya, harus disesuaikan dengan keperluan Anda. Lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui jenis suplemen yang paling tepat—sesuai dengan kebutuhan tubuh—untuk dikonsumsi selama bulan puasa. Selain suplemen, hal yang terpenting untuk tetap sehat dan bugar adalah mengatur pola makan saat sahur dan berbuka, serta tetap aktif selama bulan puasa.

   
 Isikan Komentar Anda
   
Nama 
Email 
Kota 
Pesan/Komentar 
 
 
 
 
Kembali Ke Index Berita
 
 
  Situs © 2009-2018 Oleh Pejuang Islam